Dukung BNN Perangi Narkoba, Gubernur Aceh Luncurkan Ganas

Kamis, 06 Mei 2021 - 19:05 WIB
loading...
Dukung BNN Perangi Narkoba, Gubernur Aceh Luncurkan Ganas
Gubernur Aceh sebelum melakukan tes urine, di Meuligoe Gubernur Aceh, Rabu (5/5/2021)
A A A
BANDA ACEH - Dukung Badan Narkotika Nasional (BNN) Aceh dalam upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengagas Gerakan Anti Narkoba ASN Aceh atau disingkat Ganas Aceh. Gerakan ini merupakan bentuk dukungan kepada BNN yang saat ini sedang berupaya mewujudkan Aceh Bersih dari narkoba atau Aceh Bersinar.

Kekhawatiran Gubernur akan peredaran gelap narkoba semakin memuncak saat BNN bersama apatur terkait lainnya berhasil mengamankan sabu seberat 2,5 ton di Aceh beberapa waktu lalu.

“Pengungkapan sabu seberat 2,5 ton beberapa waktu lalu tentu sangat membuat kita terhenyak. Berangkat dari kekhawatiran tersebut, saya meyakini perlu upaya luas dan masif sebagai bentuk dukungan kepada Badan Narkotika Nasional. Saya berharap dan yakin kita bersih. Apa yang kita lakukan hari ini hanyalah upaya konfirmasi atas keyakinan tersebut. Jadi, kalau bersih kenapa harus risih,” ujarnya saat sebelum melakukan tes urine, di Meuligoe Gubernur Aceh, Rabu (5/5/2021).
Dukung BNN Perangi Narkoba, Gubernur Aceh Luncurkan Ganas

Sebagai abdi negara, sambung Nova, ASN harus mendukung BNN dengan terlibat aktif serta menunjukkan ketauladan pada upaya-upaya pencegahan narkoba. Hari ini, sebanyak 1.226 ASN di jajaran Pemerintah Aceh telah menjalani tes narkoba.

Tak hanya ASN, para pegawai yang bekerja di Badan Usaha Milik Aceh (BUMA) juga menjalani tes urine. Sebanyak 565 pegawai Bank Aceh Syariah dan 58 pegawai Bank BPR Mustaqiem juga menjalani tes urine, yang dipantau langsung oleh Sekda Aceh.

“Sebagai tauladan , kita tentu harus membuktikan bahwa para pejabat di Pemerintahan Aceh ini benar-benar terbebas dari paparan narkoba. Hari ini, petugas dari BNN Aceh akan memeriksa urine kita termasuk saya,” kata Nova.

Gubernur Aceh menjadi orang pertama yang menjalani tes urine, diikuti Sekda Aceh dan para pejabat lainnya. Dalam sambutannya, Gubernur Nova juga mengapresiasi dukungan BNN pada kegiatan ini. Dia meyakini meski sulit, namun dengan sinergi semua pihak, maka upaya perang terhadap narkoba ini akan membuahkan hasil yang signifikan.

Senada dengan Gubernur, Sekda Aceh juga mengaku terkejut dengan pengungkapan peredaran gelap narkoba beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, Sekda mengajak seluruh ASN di semua tingkatan untuk turut mendukung Ganas, demi mewujudkan generasi masa depan Aceh yang jauh dan terbebas dari narkoba.

“2,5 ton ini sangat fantastis, sangat mencekam bagi masa depan generasi kita, karena berdasarkan penjelasan Kepala BNNP tadi, ternyata 1 gram sabu cukup untuk dikonsumsi oleh 10 orang. Bayangkan jika 2,5 ton ini tersebar ke seluruh pelosok Aceh. Hancurlah generasi Aceh,” katanya.

BNN Apresiasi Inisiasi Gubernur Aceh

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Heru Pranoto, mengaku terkejut dengan inisiasi Gubernur Aceh dengan melakukan tes narkoba massal kepada seluruh pejabat Pemerintah Aceh. Heru mengapresiasi langkah Gubernur sebagai upaya deteksi dini yang sangat efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)