Lulus Akpol, Habiburokhman Ragukan Novel Baswedan Gagal Tes Wawasan Kebangsaan

loading...
Lulus Akpol, Habiburokhman Ragukan Novel Baswedan Gagal Tes Wawasan Kebangsaan
Politikus Gerindra Habiburokhman sulit mempercayai isu Novel Baswedan yang lulusan akpol tidak lolos wawasan kebangsaan. Foto: MNC/Felldy Utama
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman angkat bicara soal isu yang beredar ihwal ada puluhan pegawai maupun penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan . Salah satunya, Novel Baswedan .

Habiburokman menyatakan bahwa dirinya tidak ingin termakan informasi yang tak jelas. Dia lebih memilih menunggu informasi resmi dari lembaga antirasuah tersebut."Kita dorong untuk transparan saja hasil tesnya," kata Habiburokhman di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Novel Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim, KPK Nyatakan Siap Membantu

Kendati demikian, secara pribadi dirinya mengaku tak yakin jika dikabarkan Novel Baswedan tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Hal itu merujuk pada latar belakang dari Novel sendiri.

"Pak Novel itu kan alumni Akpol, saya pikir ketika masuk Akpol ada pendidikan berjenjang, ada sespimen mungkin sudah diikuti. Tapi kok kayaknya sulit kalau enggak lulus.Tapi bagaimana pun itu kewenangan pihak yang melakukan tes tersebut," tutur dia.



Baca juga: Cuitan Novel Baswedan Soal Kematian Ustaz Maheer, Pengamat: Bukan Provokasi

Belakangan, muncul isu bahwa sejumlah pegawai KPK dinyatakan tak lolos dalam tes wawasan kebangsaan tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar, ada puluhan pegawai maupun penyidik KPK yang dinyatakan tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan.

Puluhan pegawai yang tidak lolos itu dikabarkan, diantaranya adalah para Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) dari internal KPK, kemudian pengurus inti Wadah Pegawai (WP) KPK, hingga munculnya nama penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Mereka yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan, kemudian disebut-sebut bakal diberhentikan sebagai pegawai KPK.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top