Penerbangan Jakarta-Wuhan Dibuka, DPR: Larangan Mudik Seharusnya Berlaku di Sektor Lain

Senin, 03 Mei 2021 - 15:19 WIB
loading...
Penerbangan Jakarta-Wuhan Dibuka, DPR: Larangan Mudik Seharusnya Berlaku di Sektor Lain
Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarief Abdullah Alkadrie. FOTO/dpr.go.id/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI , Syarief Abdullah Alkadrie angkat suara terkait pembukaan kembali rute penerbangan dari Jakarta ke Wuhan , China dan sebaliknya. Syarief mengaku kesal karena seharusnya pemerintah bersikap konsisten.

"Karena memang sekarang kasus kita sedang naik dan beberapa di belahan dunia juga naik," katanya kepada wartawan, Senin (3/5/2021).

Syarief menegaskan, Kota Wuhan merupakan awal mula kasus Covid-19 ditemukan. Sehingga, ia melihat tak menjamin keamanan dari virus jika rute penerbangan ke Jakarta kembali dibuka. Di sisi lain, jika pemerintah ingin memutus penyebaran Covid-19, maka kebijakan ini seharusnya dihindari dan diantisipasi.

Baca juga: Penerbangan Jakarta-Wuhan Dibuka, Epidemiolog: Waspadai Risiko Transmisi Penularan COVID-19

"Jadi saya kira supaya masyarakat yang sekarang kita larang mudik juga merasa ada keadilan di situ. Jadi pemerintah betul betul melindungi rakyatnya," tutur politikus Partai Nasdem itu.

Lebih lanjut Syarief mengatakan, dengan kebijakan larangan mudik Idul Fitri kepada masyarakat, maka seharusnya kebijakan larangan itu juga berlaku untuk sektor lain, termasuk kedatangan warga negara asing atau sebaliknya.

"Ketika itu sudah kita putuskan saya harap semua harus tertib, semua dibuat aturan antara pusat dan daerah, antara luar dan dalam. Tempat wisata juga harus ditutup karena akan terjadi kerumunan. Itu harus seirama, nggak boleh dari luar masuk, sementara rakyat kita sendiri nggak boleh mudik," katanya.

Baca juga: Kemenhub Benarkan Adanya Penerbangan ke Wuhan, Tapi Bukan Berjadwal
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)