Menakar Efisiensi Panel Surya untuk Ketahanan Energi

Kamis, 29 April 2021 - 12:27 WIB
loading...
A A A
Pemahaman inilah yang perlu diketahui lebih awal sebelum memutuskan pembelian dan pemasangan seperangkat sistem PV untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik yang dibutuhkan di rumah atau tempat usaha seperti komunitas peternak sapi, puskesmas atau rumah sakit, pengusaha parkir, desa wisata.

Cara pemilahan penggunaan energi matahari ini juga diperlukan agar investasi yang dikeluarkan punya nilai tambah dan menguntungkan bila dibandingkan dengan pasokan listrik sebelumnya yang berasal dari energi fosil yang menghasilkan emisi gas karbon ke lingkungan.

Dalam rangka mendukung program pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT), sudah seharusnya ada kebijakan khusus yang bisa mendukung agar biaya investasinya menjadi bisa lebih murah. Ini perlu karena PV merupakan salah satu upaya mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar fosil yang selama ini mendominasi dalam produksi listrik nasional.

Harapannya, negara juga bisa membangun dan memiliki industri fotovoltaik menjadi industri strategis yang melengkapi industri baterai yang telah digulirkan melalui Indonesia Battery Corporation (IBC).
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)