28 Penyelam Taifib Disiapkan untuk Evakuasi Awak KRI Nanggala-402

Senin, 26 April 2021 - 16:23 WIB
loading...
28 Penyelam Taifib Disiapkan untuk Evakuasi Awak KRI Nanggala-402
Dankormar Mayor Jenderal TNI Suhartono menyiapkan 28 penyelam terbaik satuan Taifib untuk membantu evakuasi para prajurit dan kru KRI Nanggala-402. Foto: MNC/Riezky Maulana
A A A
JAKARTA - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono mengerahkan Pasukan Khusus dari Satuan Intai Para Amfibi Marinir (Taifib) Korps Marinir TNI AL untuk mengevakuasi para prajurit dan kru kapal selam KRI Nanggala-402 . Selain itu, Marinir turut mendirikan Posko Satgas SAR yang disiapkan di Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

Disela-sela pengecekan Posko Satgas SAR Dankormar menuturkan, pihaknya sudah menyiagakan 28 personel terbaik di bawah pimpinan Letkol Marinir Supriyono. Supriyono pada kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir (Danyon Taifib 2 Mar), serta peralatan pendukung.

"Tujuannya untuk mengevakuasi para prajurit KRI Nanggala 402 yang gugur dan akan terus melakukan koordinasi guna kepentingan tindak lanjut dari kegiatan evakuasi tersebut," ucap Dankormar dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).



Suhartono berkomitmen untuk menyiapkan prajurit terbaiknya untuk keperluan proses evakuasi para prajurit TNI AL. Selian itu, dirinya juga menghaturkan ucapan duka cita mendalam atas gugurnya ke-53 personel KRI Nanggala-402.

"Tak lupa, saya Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono Selaku Komandan Korps Marinir beserta seluruh Parjurit menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas gugurnya seluruh Awak Kapal Selam KRI Nanggala 402,” tuturnya.



Sebagaimana diketahui, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa seluruh seluruh awal kapal selam KRI Nanggala-402 telah gugur. Hal ini disampaikan setelah kapal selam milik TNI AL tersebut ditemukan di kedalaman 838 meter dengan kondisi terbelah.

"Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personil yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali,” tukasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)