Begini Kronologi Penemuan KRI Nanggala-402 oleh KRI Rigel

Minggu, 25 April 2021 - 19:11 WIB
loading...
Begini Kronologi Penemuan KRI Nanggala-402 oleh KRI Rigel
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bagian kapal selam milik TNI AL yakni KRI Nanggala-402 telah ditemukan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bagian kapal selam milik TNI AL yakni KRI Nanggala-402 telah ditemukan. Dia mengatakan hal ini terjadi karena temuan dari KRI Rigel yang tengah melakukan pemindaian.

“Malam tadi Satgas SAR telah mengerahkan semua kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala. KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer. Dan telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail,” katanya dalam keterangan persnya, Minggu (25/4/2021).

Atas temuan tersebut, kemudian kapal milik Singapura yakni MV Swift Rescue menurunkan remotely operated underwater vehicle atau ROUV. Ini dilakukan untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera. “Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul bagian kapal yang lain. Termasuk baju keselamatan awak kapal MK-11,” ungkapnya.

Dengan temuan itulah Panglima TNI menyatakan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 gugur. “Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402, telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)