Hilal Reshuffle Kabinet Tak Kunjung Tampak, Ini Kata Pengamat

loading...
Hilal Reshuffle Kabinet Tak Kunjung Tampak, Ini Kata Pengamat
Presiden Jokowi dinilai tengah melakukan evaluasi terhadap para pembantunya, sebelum mengumumkan reshuffle kabinet. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Isu reshuffle kabinet terus bergulir hampir selama dua minggu. Namun hingga kini belum ada kejelasan apakah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak kabinet atau tidak.

"(Reshuffle) ini masalah hilalnya belum keliatan," kata Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio saat dihubungi, Kamis (22/4/2021).

Seperti diketahui isu reshuffle muncul setelah adanya peleburan Kemenristek ke Kemendikbud dan adanya struktur baru Kementerian Investasi.

Baca juga: Iwan Fals Bikin Poling Reshuffle Kabinet, Mayoritas Responden Pilih Masa Bodoh

Hendri menilai bahwa belum adanya reshuffle murni faktor dari Presiden Jokowi. Dia tidak melihat adanya faktor tarik-menarik kepentingan di antara partai pendukung pemerintah. "Kalau menurut saya yang kali ini murni dari presiden dan evaluasi yang dilakukan beliau," ungkapnya.

Dia menduga bahwa saat ini Presiden Jokowi tengah melakukan evaluasi terhadap para pembantunya. Hal inilah yang menurutnya reshuffle kabinet belum juga diumumkan.



"Kelihatannya Pak Jokowi belum selesai evaluasi. Mungkin calonnya juga belum ketemu juga yang pasti. Jadi karena hilalnya belum kelihatan jadinya mundur-mundur terus," tuturnya.

Baca juga: Reshuffle Kabinet jilid II, Misbakhun Sebut Profesional Tak Mampu Terjemahkan Tujuan Jokowi

"Tentunya yang dievaluasi capaian kerja, kegaduhan, kontroversi dan satu lagi yang penting adalah 2024. Kalau misalnya ada menteri yang mau mencalonkan diri jadi presiden tapi presidennya ga dukung itu besok di-reshuffle juga," katanya.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top