Pererat Kerja Sama Tiongkok-NU, Dubes Xiao Salurkan Bansos untuk Warga Nahdliyin

Rabu, 21 April 2021 - 04:33 WIB
loading...
Pererat Kerja Sama Tiongkok-NU, Dubes Xiao Salurkan Bansos untuk Warga Nahdliyin
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menggelar silaturahmi secara daring dengan Dubes Tiongkok Xiao Qian di Gedung PBNU, Selasa (20/4/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Dua Besar Republik Rakyat Tingkok (RTT) melakukan silaturahmi secara daring sekaligus penyerahan paket sembako kepada PBNU.

PBNU menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok atas kerja sama, perhatian dan bantuan yang selama ini diberikan. “Hari ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, Bapak Duta Besar kembali memberikan bantuan paket sembako untuk dibagikan kepada pondok pesantren/santri dan kaum dhuafa,” kata Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj di Gedung PBNU, Selasa (20/4/2021).

PBNU juga menyampaikan terima kasih atas pemberian bantuan beasiswa untuk dosen dan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama, termasuk bantuan pembangunan sanitasi dan MCK di beberapa daerah di antaranya di Jombang Jawa Timur, Lombok Barat NTB, Bakauhehi Lampung, dan Maros Sulawesi Selatan. “Semoga kerja sama antara PBNU dengan Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok terus berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan. Kami mendoakan semoga Bapak Duta Besar sehat selalu serta diberikan kelancaran dalam menjalankan aktivitas,” paparnya.

Pandemi Covid-19 di Indonesia kini memasuki bulan ke-14 dan saat ini adalah Ramadhan kedua dalam suasana pandemi, walau belum sepenuhnya terkendali namun perlahan mengalami trend penurunan. Pemerintah terus menggalakkan vaksinasi secara massal serta penerapan protokol kesehatan di seluruh lapisan masyarakat. “Nahdlatul Ulama sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia dalam hal ini PBNU terus menerus melakukan supporting program vaksinasi massal, juga terus memberikan penyadaran kepada seluruh masyarakat khususnya warga Nahdliyin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan),” kata Kiai Said

Dalam kesempatan tersebut Duta Besar Tiongkok, Xiao Qian mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan untuk umat muslim Indonesia. "Izinkanlah saya mewakili Kedutaan RRT dan warga Tiongkok menyampaikan salam bulan suci Ramadhan setulus hati kepada para hadirin dan teman muslim Indonesia," kata Xiao Qian.

Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga dekat, mitra baik dan bersahabat. Sejak tahun lalu hubungan bilateral kedua kepala negara semakin erat dalam mengatasi pengaruh pademi. Kerja sama penanganan Covid-19 menjadi titik baru dalam hubungan bilateral Tionkok dan Indonesia. "Sinovac telah sukses uji klinis vaksin di Indonesia dan mengirimkan tiga juta vaksin jadi dan hampir 60 juta bahan baku vaksin kepada Indonesia merupakan sumbangan penting untuk pelaksanan vaksinasi secara massal di Indonesia," jelasnya.

Xiao Qian berharap PBNU dan Tiongkok terus menjalin kerja sama di bidang sosial dan pendidikan. "NU merupakan ormas muslim terbesar yang berperan penting di bidang agama, politik dan sosial di Indonesia, Tiongkok bersedia memperkuat kerja sama dengan NU dalam bidang pendidikan, kesejahteraan masyarakat, perlindungan sosial, agar terus menjaga persahabatan Tiongkok dan Indonesia," tutup Xiao Qian
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)