Inovasi SIM Polri, Jadi Solusi Social Distancing di Tengah Pandemi

Selasa, 20 April 2021 - 13:29 WIB
loading...
Inovasi SIM Polri, Jadi Solusi Social Distancing di Tengah Pandemi
Pembuatan dan perpanjangan SIM yang dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi). Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Varhan Abdul Aziz turut memberikan respons, terkait Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang terus melakukan inovasi demi meningkatkan pelayanan publik.



Dia mengungkapkan, setelah SIM Internasional dari rumah dilaunching beberapa waktu lalu, kini masyarakat dapat menikmati perpanjangan SIM Nasional dari rumah. Hal ini menurutnya, dapat meminimalisir masyarakat keluar rumah dan berkerumun di masa pandemi virus Corona (Covid-19).

"Hadirnya SINAR ini menjadi solusi social distancing di era pandemi. Masyarakat dibantu oleh Polisi melalui teknologi, untuk tidak perlu menempuh keramaian demi perpanjangan SIM," katanya.

Varhan juga mengamati reformasi di batang tubuh Polri menjadi salah satu pionir perubahan dalam inovasi yang perlu diapresiasi dan di teladani oleh Instansi-instansi di Indonesia.

"Tidak salah bila Polri dan Korlantas mendapat berkali-kali mendapat penghargaan top inovasi di bidang pelayanan publik. Dan tentunya inovasi ini harus dipertahankan, diteruskan dan dikembangkan kepada zona-zona lainnya yang bisa diaplikasikan untuk membuat rakyat Indonesia semakin cinta kepada korps Bhayangkara," tandasnya.

Diketahui, sebelumnya terdapat sejumlah video yang viral di media sosial yang menampilkan testimoni ucapan terima kasih dari sejumlah masyarakat yang mengajukan permohonan SIM dari rumah melalui aplikasi SINAR.

Di antaranya diungkapkan seorang pemohon atas nama Fido yang telah memperpanjang SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, lalu memilih icon SINAR didalamnya.

Dia menjelaskan, kemudahan dalam proses perpanjang SIM secara online mulai dari daftar hingga SIM baru yang sudah jadi diantar ke alamat rumah melalui PT Pos.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada Polri, karena dengan adanya perpanjang SIM online ini kita jadi lebih mudah dan tidak perlu antri panjang lagi," ujar Fido dalam statementnya melalui video.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)