Kawal Proyek Ibu Kota Baru, Bambang Brodjonegoro Diprediksi Dikembalikan ke Bappenas

loading...
Kawal Proyek Ibu Kota Baru, Bambang Brodjonegoro Diprediksi Dikembalikan ke Bappenas
Bambang Brodjonegoro diperkirakan akan kembali menjabat kepala Bappenas untuk mengawal proyek ibu kota baru. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin memperkirakan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia Bambang Brodjonegoro akan kembali ditarik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas ).

"Kemungkinan Bambang Brojonegoro digeser menjadi kepala otorita Ibu Kota Negara yang baru," kata Ujang dihubungi Senin (19/4/2021).

Baca juga: Refly Harun Tak Lihat Dalih Kuat Ibu Kota Pindah Kecuali Ini

Pergeseran nama Bambang dinilai layak di tengah isu pembangunan istana negara yang baru kembali digaungkan setelah sempat tertutup. Bambang dinilai merupakan orang pertama yang dipercaya Jokowi membangun istana negera yang baru. "Karena ketika dulu dia jadi Menteri Bappenas, menteri yang diminta Jokowi tuk urus ibu kota baru," jelasnya.

Rencananya, istana negara baru akan dibangun di Penaja, Paser Utara, Kalimantan Timur. Peletakan batu pertama akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada tahun ini.



Baca juga: Dugaan Jual-Beli Jabatan di Kemendes PDTT, DPR Segera Panggil Mendes Abdul Halim

Istana Negara baru akan berbentuk seperti Gedung Capitol dengan Gedung Putih atau White House di Amerika Serikat (AS). Istana negara nantinya akan berada di atas bukit dengan menghadap Balikpapan dan berhadapan juga secara langsung dengan Gedung MPR/DPR.

”Jadi seperti kalau kita di Washington DC itu antara Gedung Capitol dengan White House. Nah, jadi modelnya begitu,” kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top