6 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba, Menkes: Alhamdulillah, Masih Lancar

Minggu, 18 April 2021 - 15:07 WIB
loading...
6 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba, Menkes: Alhamdulillah, Masih Lancar
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (BGS) pun mengatakan pengiriman dari China ini masih cukup lancar masuk ke Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6 juta bulk atau bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac China kembali tiba di Indonesia pada hari ini, Minggu 18 April 2021. Kedatangan ini merupakan tahap kedelapan dari pengiriman 140 juta bulk vaksin Sinovac yang akan diterima Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (BGS) pun mengatakan pengiriman dari China ini masih cukup lancar masuk ke Indonesia di tengah embargo vaksin dari sejumlah negara. “Saya tadi baru kembali dari penerimaan 6 juta bulk vaksin dari Sinovac. Alhamdulillah memang produksi yang dari China ini masih cukup lancar masuknya ke Indonesia,” ungkap BGS dalam Webinar PB IDI Upaya Akselerasi Pencapaian Target Vaksinasi Covid-19, Kendala & Solusi, Minggu (18/4/2021).

Dalam kesempatan itu, BGS mengatakan sebanyak 181,5 juta masyarakat Indonesia di atas 18 tahun akan divaksin Covid-19. “Teman-teman pasti sudah saya share, kita amanahkan untuk bisa memvaksinasi 181,5 juta rakyat Indonesia usia di atas 18 tahun. Itu memang 100% dari target populasi di atas 18 tahun akan kita vaksinasi. Waktu itu kenapa kita pilih-pilih 100%? Karena memang kita menggunakan asumsi efektivitasnya efikasi ratenya rata-rata di 60%. Tapi kenyataannya sekarang mungkin bisa 70 sampai 80%, karena yang paling rendah juga Sinovac sudah 65%,” papar BGS.

BGS mengatakan untuk bisa memvaksinasi 181,5 juta jiwa membutuhkan sebanyak 313 juta dosis vaksin. “Kita kasih cadangan 15%. Jadi kita memang merencanakan untuk mengorder 426 juta. Dari 426 juta dosis ini kita bagi menjadi 4. Dari Sinovac China, Astrazeneca dari London, kemudian Novavax itu perusahaan Amerika-Kanada, dan Bio Emtec Pfizer itu Start Up di Jerman yang kemudian didukung oleh Pfizer,” kata BGS.

Lalu, BGS pun menjelaskan kenapa hanya memiliki empat vaksin untuk digunakan di Indonesia. “Kenapa empat? Ya maksudnya supaya kalau terjadi masalah dengan satu, yang lainnya masih bisa kita terima. Dan itu yang kejadian sekarang juga,” ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)