Senang Lihat Banyak OTT KPK, Luhut: Tapi Pencegahan Lebih Penting

Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
loading...
Senang Lihat Banyak OTT KPK, Luhut: Tapi Pencegahan Lebih Penting
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (13/4/2021). FOTO/SINDOnews/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku senang dengan penindakan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) melalui operasi tangkap tangan ( OTT ). Namun, menurut Luhut, akan lebih baik jika 3 fungsi KPK yakni penindakan, pencegahan, dan pengawasan dapat berjalan dengan baik.

"Kalau penindakan kita sudah sangat senang lihat itu banyak OTT. Tapi kan gak cukup hanya dengan OTT, OTT itu hanya ujung. Justru pencegahan ini yang lebih penting," kata Luhut di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Kena OTT KPK, Ini Profile Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo

Luhut menjelaskan alasan pentingnya pencegahan karena ada triliunan rupiah masih mengalir ke kocek-kocek para koruptor yang masih berkeliaran hingga saat ini. Maka dari itu, lanjut Luhut, perlunya digitalisasi dalam pengadaan barang atau pun jasa dan lainnya. Untuk meminimalisir adanya oknum yang melakukan tindak pidana korupsi.

"Apa itu pencegahan? Banyak sekali. Justru triliunan bisa kita cegah untuk gak dikorupsi dengan digitalisasi yang sekarang kita kembangkan di pemerintah, sehingga tak ada ruang orang nyogok karena semua berjalan otomatis," kata Luhut.

Baca juga: Kena OTT KPK, Begini Penampakan Nurdin Abdullah saat di Bandara


(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)