Indonesia Ada di Wilayah Cincin Api, Jokowi: Waspada Bencana Bisa Terjadi Kapan Saja

loading...
Indonesia Ada di Wilayah Cincin Api, Jokowi: Waspada Bencana Bisa Terjadi Kapan Saja
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang berada di wilayah cincin api. FOTO/BIRO PERS SETPRES
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang berada di wilayah cincin api. Hal ini disampaikannya menyusul terjadinya gempa bumi di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (10/4/2021) pada pukul 14.00 WIB.

"Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api. Oleh karena itu aktivitas alam dapat terjadi setiap saat. Baik itu gempa dan yang lain-lainnya, kapan saja," katanya dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (11/4/2021).

Presiden pun meminta agar para kepala daerah terus mengingatkan masyarakat agar selalu siap siaga terhadap terjadinya suatu bencana.

Baca juga: Biaya Perawatan Korban Gempa Bumi yang Dirawat di RSSA Malang Ditanggung Pemprov Jatim

"Dan oleh sebab itu saya mengingatkan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," katanya.

Terkait gempa bumi yang terjadi di Jatim, Jokowi telah meminta jajarannya melakukan langkah-langkah tanggap darurat. Mulai dari mencari korban yang hilang hingga merawat korban luka-luka.



"Segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat. Mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan. Dan segera melakukan perawatan pada korban yang luka-luka. Dan juga penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut," katanya.

Baca juga: PVMBG Ungkap Penyebab Gempa Bumi Malang, Simak Fakta-faktanya


(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top