Bertemu Presiden Korsel, Prabowo Bahas Kerja Sama Alutsista

Minggu, 11 April 2021 - 11:59 WIB
loading...
Bertemu Presiden Korsel, Prabowo Bahas Kerja Sama Alutsista
Proyek KFX/IFX adalah proyek pengembangan dan pembuatan pesawat tempur generasi berikut secara massal antara Korea dan Indonesia. Foto/Kedubes Korea
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Seoul pada akhir pekan lalu. Pada pertemuan tersebut keduanya membahas kerja sama alat utama sistem persenjataan (alutsista)

Presiden Moon Jae-in mengatakan bahwa Korea Selatan merupakan mitra yang dapat dipercaya dalam kerjasama pertahanan. "Sebagai negara yang memiliki kekuatan pertahanan dan alutsista yang unggul di tingkat dunia, Korsel merupakan mitra kerja sama industri pertahanan yang dapat dipercaya," katanya dikutip dari keterangan pers Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia, Minggu (11/4/2021).

Moon Jae-in mengatakan, dalam kerja sama industri pertahanan, Korea Selatan tidak hanya mengekspor barang jadi. Korsel juga terus menjalankan kerja sama timbal balik yang saling menguntungkan dengan melakukan pengalihan teknologi, produksi bersama, serta pemasaran bersama ke negara ketiga.



"Produksi dan pengembangan bersama alutsista terdepan, seperti pesawat tempur dan kapal selam akan menguntungkan kedua negara secara nyata," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Menhan Prabowo Subianto mengaku kagum dengan kesuksesan Korea Selatan dalam mengembakan industri pertahanannya. "Saya kagum karena Korsel sukses memajukan negara dan memodernisasi industri dan teknologi. Oleh karena itu, menurut saya, proyek kerja sama dengan Korsel, termasuk proyek KF-X/IF-X harus berhasil," ujarnya.



Proyek KFX/IFX adalah proyek pengembangan dan pembuatan pesawat tempur generasi berikut secara massal antara Korea dan Indonesia dengan modal 8,8 triliun Won atau Rp114.518.475.456.000 dari tahun 2015 sampai 2028.

Dia melanjutkan bahwa dirinya dan Menteri Pertahanan Korea atau Minister of Defence Acquisition Program Administration (DAPA) berusaha semaksimal mungkin untuk menghadapi hambatan yang ada. "Menhan dan Menteri DAPA Korsel begitu baik hati, maka kami akan berusaha untuk mengatasi hambatan dan kesulitan," ujarnya.

Sebelumnya saat bertemu Menteri DAPA, Prabowo mengungkapkan akan terus meningkatkan kerja sama pertahanan di masa mendatang. Di depan Menteri DAPA, Prabowo juga menyebut bahwa KFX/IFX Prototype Roll-out Ceremony menandakan sebuah pesan yang baik.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)