TNI AL Kerahkan Dua KRI Bawa Bantuan bagi Korban Bencana di NTT

loading...
TNI AL Kerahkan Dua KRI Bawa Bantuan bagi Korban Bencana di NTT
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono melepas bantuan bagai korban bencana alam di NTT. Foto/Yohannes Tobing
JAKARTA - Dalam upaya mempercepat penyaluran bantuan bencana alam banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan sejumlah unsur KRI dan prajurit ke lokasi bencana.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan bahwa dalam pengerahan ini Koarmada I melepas KRI Semarang-594 dari JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Kita akan melepas KRI Semarang menuju daerah yang sedang kena bencana di Lembata dan Larantuka Nusa Tenggara Timur," kata Heri di Deck KRI Semarang, Dermaga JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (8/4/2021).

Menurut Heri, KRI Semarang-594 akan mengangkut bahan bantuan dari Kepresidenan, Kementerian atau Lembaga, dan juga berbagai bantuan dari masyarakat.

Baca juga: Bantu Korban Bencana, Marinir Dirikan Posko Kesehatan di Lewoleba Lembata, NTT



"Dari Jakarta kita sudah membuat 24 truk dengan berbagai macam jenis sumbangan seperti beras, makanan cepat saji, selimut, pakaian layak pakai, dan sebagainya," kata Heri

Kemudian, lanjutnya, besok akan mampir di Surabaya dan sudah menunggu 25 truk dan mudah-mudahan cuaca bagus dan bisa lebih cepat lagi. "Saya yakin sudah ditunggu saudara kita yang terdampak bencana."

Baca juga: NTT Diterjang Bencana, Gubernur Laiskodat Murka Copot Kepala BPBD dan Jemput Paksa Bupati

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 dari jajaran Koarmada II Surabaya dengan membawa 81 Koli berupa pakaian layak pakai, pakaian bayi, selimut dan makanan.

Selain membawa barang bantuan bencana, TNI Angkatan Laut juga mengangkut personel SAR dari sejumlah satuan seperti Pasmar 1, Yonmarhanlan VII, Yonkes TNI AU dan Setmilpres, dan dokter relawan.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top