BNPB Siapkan 5 Helikopter Evakuasi dan Distribusi Bantuan Wilayah Terisolir Bencana NTT

Selasa, 06 April 2021 - 15:52 WIB
loading...
BNPB Siapkan 5 Helikopter Evakuasi dan Distribusi Bantuan Wilayah Terisolir Bencana NTT
BNPB melaporkan hingga saat ini ada 5 helikopter yang disiagakan untuk evakuasi masyarakat yang terisolir dan distribusi bantuan bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ), Raditya Jati melaporkan hingga saat ini ada 5 helikopter yang disiagakan untuk evakuasi masyarakat yang terisolir dan distribusi bantuan bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) .

“Ini salah satu solusi bagaimana kita bisa memberikan aksesibilitas terhadap logistik dan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat,” ujar Raditya dalam konferensi pers virtual dari Graha BNPB, Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Raditya mengatakan sebanyak 4 helikopter ini standby di Lembata, Larantuka, Adonara, dan Kupang. “Jadi ada 4 helikopter yang di-standby-kan. Kemarin juga kami sampaikan hadir satu, kemudian ini ada 3 lagi. Jadi kalau kita lihat rencananya dalam tanggap darurat ada 1 heli di Lembata, 1 Heli di Larantuka, 1 heli Adonara dan 1 heli di Kupang,” katanya.

“Jadi dengan adanya kesulitan aksesibilitas karena negara kepulauan, saya rasa ini salah satu solusi bagaimana kita bisa menjangkau wilayah-wilayah yang terisolasi,” sambung Raditya.
Selain itu, kata Raditya, ada 1 helikopter yang memang dimanfaatkan untuk mobilisasi. “Hal ini bilamana ada, perlu ada perawatan yang lebih lanjut, bilamana memang bawa rumah sakit itu tidak ada, tidak mampu dan harus dilarikan ke rumah sakit besar makanya 1 heli disiapkan. Selain itu juga untuk tenaga medis. Intinya 1 heli ini adalah standby untuk mobilisasi yang lain dimanfaatkan untuk pengiriman logistik,” jelas Raditya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)