Presiden Jokowi Buka Pelaksanaan Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah di Manado

Jum'at, 02 April 2021 - 16:45 WIB
loading...
Presiden Jokowi Buka Pelaksanaan Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah di Manado
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi pelaksanaan Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) secara daring, Jumat (2/4/2021). Foto/SINDOnews/rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara daring, Jumat (2/4/2021).

Jokowi menyampaikan terima kasih atas peran aktif kebangsaan Pemuda Muhammadiyah. Presiden juga berharap inovasi, kreativitas dan pengelolaan dakwah kultural wasathiyah Pemuda Muhammadiyah semakin optimal pascadilaksanakannya Tanwir 1 Manado. "Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kader Pemuda Muhammadiyah di manapun berada yang selalu hadir membantu masyarakat, mengerahkan ribuan relawan KOKAM di saat masyarakat ditimpa bencana gempa, banjir, termasuk di masa pendemi," tuturnya.

Jokowi lebih lanjut juga memuji gerakan kedaulatan ekonomi GPB (Gerakan Pengusaha Berkemajuan) Pemuda Muhammadiyah dalam upayanya melahirkan kepeloporan bagi generasi muda muslim di sektor perekonomian. Apalagi, tantangan Indonesia ke depan lebih pelik seiring terciptanya 2,9 juta penduduk usia kerja baru dalam tiap tahun dan proyeksi puncak demografi 2030.

"Saya berharap Tanwir ke-1 Pemuda Muhammadiyah ini akan terus mendorong budaya enterpreuneurship dan kolaborasi di kalangan generasi muda sebagai strategi dakwah kultural Pemuda Muhammadiyah yang akan menebarkan nilai-nilai tawasuth dan ta’awun, saling membantu di semua lini kehidupan kebangsaan. Saya juga berharap Pemuda Muhammadiyah berada di dalam garis terdepan dalam menjaga dan memperkokoh toleransi, persatuan dalam keberagaman sesuai dengan ideologi kita Pancasila," pesan Jokowi.

Dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia, Tanwir 1 yang diselenggarakan di Grand Kawanua Convention Centre Manado, ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw serta para Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Membawa tema "Dakwah Kolaboratif Memajukan Bangsa", sidang Tanwir sendiri bagi Pemuda Muhammadiyah merupakan agenda musyawarah nasional tertinggi kedua di bawah Muktamar. Tanwir 1 dijadwalkan berlangsung dari Jumat ini hingga Minggu, 4 April 2021.

Sebelum pembukaan oleh Presiden, acara Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah dimulai dengan gelaran Diskusi Kepemudaan yang dihadiri secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat tinggi kemiliteran mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto menegaskan Tanwir membahas terkait isu aktual kebangsaan, masalah organisasi hingga teknis Muktamar. "Forum ini memberikan kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa dakwah kolaboratif bagi sesama dan kemajuan bangsa menjadi salah satu kewajiban dan fungsi kader Pemuda Muhammadiyah untuk kemajuan kita bersama," ucap Cak Nanto sapaan akrabnya saat membuka acara.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)