Komitmen BRI Membangun Negeri Tak Terhalang Pandemi

loading...
Komitmen BRI Membangun Negeri Tak Terhalang Pandemi
BRI salurkan dana program CSR melalui BRI Peduli sebesar Rp264 miliar sepanjang 2020 lalu.
JAKARTA - Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan seluruh perusahaan. Hal itu demi menjaga kesinambungan kinerja pelaku bisnis dengan kondisi lingkungan serta kesejahteraan masyarakat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan, di antaranya yakni mengalokasikan dana dan program-program corporate social responsibility (CSR). Dalam menjalani perannya sebagai perusahaan BUMN selama ini, Bank BRI berkomitmen untuk selalu memerhatikan dan mewujudkan penerapan nilai-nilai pembangunan berkelanjutan.

Salah satu caranya, yaitu melalui pelaksanaan program BRI Peduli yang alokasi dananya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa di masa mendatang kondisi perekonomian diprediksi akan semakin dinamis.

Oleh karena itu, BRI memperkuat landasan kinerja perusahaan dengan melaksanakan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan.

“Sebagai salah satu ‘First Mover on Sustainable Finance’, BRI telah mengimplementasikan secara bertahap strategi keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif dalam mendorong percepatan implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia,” ujar Sunarso.



Menurut Sunarso, BRI bertujuan menciptakan value kepada shareholder dalam bentuk kinerja keuangan yang baik dan berkelanjutan, memberikan layanan kepada nasabah diatas ekspektasi dan menyediakan tempat kerja yang kondusif untuk menumbuhkembangkan karier sesuai potensi karyawan. Bagi masyarakat, BRI bertekad membawa CSR BRI Peduli melalui program 3P (pro planet, pro profit dan pro people).

“Ini sesuai dengan komitmen kami bahwa kehadiran BRI dapat menciptakan value dan men-deliver value untuk masyarakat secara luas,” katanya.

Sunarso menegaskan bahwa pada masa krisis akibat pandemi Covid-19, BRI mengedepankan upaya penyelamatan UMKM nasional ketimbang mengejar laba. Pihaknya juga turut meyakini program vaksinasi yang sedang dijalankan Pemerintah akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

“Saat ini proses pemulihan ekonomi tengah dilakukan pemerintah melalui berbagai kebijakan, seperti vaksinasi, perpanjangan penyaluran stimulus PEN, serta bansos tunai bagi masyarakat. BRI akan selalu siap untuk mendukung UMKM kembali bangkit dan mendorong pemulihan ekonomi melalui berbagai inisiatif perusahaan, termasuk melalui program CSR BRI,” ucapnya.

Sepanjang 2020, dana program CSR BRI Peduli yang disalurkan perusahaan mencapai Rp264 miliar. Jumlah ini naik dibanding nilai program setahun sebelumnya yang mencapai Rp226 miliar.



Anggaran tersebut dialokasikan perusahaan untuk eksekusi program dan bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan/renovasi infrastruktur, rumah ibadah, pemeliharaan kelestarian ekosistem laut dan lingkungan, serta membantu korban bencana.

Sepanjang 2020, dana senilai Rp69,71 miliar dialokasikan BRI untuk masyarakat terdampak bencana alam dan nonalam melalui program Indonesia Peduli. BRI juga sudah menyalurkan bantuan untuk program Indonesia Cerdas senilai Rp52,61 miliar sepanjang 2020, yang digunakan demi meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan serta beasiswa bagi lebih dari 5.000 pelajar.

Kemudian, BRI juga menyalurkan dana senilai Rp45,91 miliar untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, bantuan tersebut disalurkan melalui Program Indonesia Sehat. Sementara untuk menjaga lingkungan, BRI aktif melakukan penanaman bibit bakau, bersih-bersih sungai, dan program lain secara berkala dengan biaya total Rp4,43 miliar.

Dalam memberikan sumbangsihnya pada masyarakat, perusahaan tak lupa turut membantu pembangunan/renovasi rumah ibadah yang sepanjang tahun lalu memakan biaya hingga Rp34,95 miliar. BRI juga menyalurkan bantuan untuk pengembangan prasarana dan/atau sarana umum melalui program Indonesia Membangun senilai Rp32,16 miliar.

Tak ketinggalan, penyaluran program bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan melalui program Indonesia Sejahtera senilai Rp24,37 miliar Berbagai program dan bantuan yang disalurkan BRI selama ini menjadi bukti nyata dukungan perusahaan untuk menciptakan kinerja berkelanjutan.

BRI juga menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan sebagai bentuk implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Emiten dan Perusahaan Publik. (CM)
(ars)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top