Sandiaga Uno Sepakat Larangan Mudik Lebaran, Berikut Solusinya Bagi Pelaku Usaha Parekraf

Rabu, 31 Maret 2021 - 05:34 WIB
loading...
Sandiaga Uno Sepakat Larangan Mudik Lebaran, Berikut Solusinya Bagi Pelaku Usaha Parekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang mudik Lebaran pada tahun 2021 disambut terbuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. Kebijakan tersebut sangat penting dalam menekan angka penularan covid-19.

Sandiaga Uno mengaku sangat mendukung kebijakan Jokowi sebagai upaya mengakhiri pandemi covid-19. "Kami ingin memberikan penekanan verbal bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat mendukung keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik pada akhir Ramadan ini sebagai langkah tegas memutus mata rantai covid-19," ungkap Sandiaga Uno dalam siaran tertulis pada Selasa (30/3/2021).

Bersamaan dengan keputusan tersebut, Sandiaga Uno telah mengintruksikan seluruh deputi di Kemenparekraf untuk menyusun langkah inovatif guna menolong para pelaku usaha parekraf. Di antaranya, program staycation yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang tidak bisa mudik.

Begitu juga dengan pembukaan destinasi wisata di kota dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin serta sesuai dengan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. "Ini menjadi suatu peluang buat kita menciptakan produk-produk seperti staycation, kegiatan untuk masyarakat yang tidak mudik tahun ini," ujarnya.

"Jadi saya ingin menggaris bawahi, tidak ada pertentangan di antara pemerintahan, kami sangat mendukung keputusan, justru ini menjadi suatu peluang untuk kita berkolaborasi dan saya yakin dengan menekan penularan covid-19 ini kita juga mampu meningkatkan penjualan produk-produk ekonomi kreatif," tambahnya.

Peningkatan penjualan beragam produk ekonomi kreatif disebutkannya lewat pemanfaatan teknologi, yakni e-commerce serta jasa pengiriman barang (ekspedisi). Sehingga, walau terbatas kehadiran fisik, beragam produk kuliner, fesyen, kerajinan (kriya) maupun produk-produk ekonomi kreatif yang lainnya dapat tetap dikirimkan ke kampung halaman.

Sedangkan destinasi wisata, seperti desa wisata, destinasi wisata lainnya, taman-taman rekreasi bisa menyesuaikan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dengan penerapan PPKM berskala mikro. "Saya sangat yakin bahwa kita bisa mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan keputusan pemerintah," tuturnya.

Terkait hal tersebut, Sandiaha Uno akan berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhajir Effendi di DKI Jakarta pada Kamis (1/4/2021) mendatang. Pertemuan itu diharapkannya dapat melahirkan sejumlah keputusan dalam percepatan pemulihan sektor parekraf.

"Pertemuan ini untuk memastikan langkah-langkah ke depan dan sosialisasi kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat secara menyeluruh," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)