Diperintahkan MK Gelar PSU, KPU: 7 Daerah Butuh Anggaran Tambahan

Senin, 29 Maret 2021 - 16:02 WIB
loading...
Diperintahkan MK Gelar PSU, KPU: 7 Daerah Butuh Anggaran Tambahan
KPU menyatakan ada tujuh daerah yang membutuhkan tambahan anggaran untuk menggelar pemungutan suara ulang. Foto/ilustrasi.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) telah menggelar rapat koordinasi (Rakor) kedua dengan KPU provinsi dan kabupaten/kota yang diperintahkan Mahkamah Konsititusi (MK) menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada 2020. Dalam rakor yang digelar Minggu (28/3) kemarin, KPU membahas sejumlah hal, salah satunya kesiapan dukungan anggaran.

"Kebutuhan anggaran untuk PSU terutama untuk menutup biaya honorarium badan ad hoc (PPK, PPS, KPPS), pengadaan dan distribusi logistik, bimbingan teknis/pelatihan, sosialisasi, serta kelengkapan APD," kata komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi dalam keterangannya, Senin (29/3/2021).



Berdasarkan data yang dikumpulkan kemarin, kata dia, didapatkan data bahwasembilan daerah telah memiliki anggaran yang cukup untuk melaksanakan PSU. Anggaran tersebut berasal dari sisa hasil efisiensi yang dilakukan jajaran KPU di daerah dalam mengelola anggaran hibah pemda yang tertuang dalam NPHD.

"Untuk 9 daerah ini, yang perlu dilakukan hanya pengajuan revisi anggaran sesuai kebutuhan PSU masing-masing," ujarnya.

Sementara, kata Pram, ternyata masih ada 7 daerah yang kebutuhan anggaran untik PSU melebihi sisa anggaran yang tersedia. Termasuk dua daerah yang melaksanakan PSU di semua TPS.



Dia menyampaikan, untuk daerah-daerah ini KPU setempat telah melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah dan DPRD masing-masing untuk mengajukan usulan anggaran tambahan.

"Untuk 7 daerah ini, kami minta mereka untuk mengirim surat tembusan kepada KPU RI, sehingga KPU RI bisa melakukan komunikasi dan advokasi kepada Kementerian Dalam Negeri," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)