Menkes: Tidak Pernah Ada Dalam Sejarah Kesehatan Pandemi Selesai 1 Tahun

Jum'at, 26 Maret 2021 - 15:21 WIB
loading...
Menkes: Tidak Pernah Ada Dalam Sejarah Kesehatan Pandemi Selesai 1 Tahun
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menegaskan tidak ada dalam sejarah kesehatan bahwa pandemi selesai dalam satu tahun saja. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan ( Menkes), Budi Gunadi Sadikin menegaskan tidak ada dalam sejarah kesehatan bahwa pandemi selesai dalam satu tahun saja. Begitupun dengan pandemi COVID-19 .

“Lalu, bisa enggak satu tahun pandemi selesai? Enggak pernah ada dalam sejarah kesehatan selesai 1 tahun. Enggak ada. Pasti lebih dari 1 tahun,” ujar Budi dalam Manager Forum ke-55 secara virtual, Jumat (26/3/2021). Baca juga: Ganjar Siap Bantu Kemenkumham Tangani Klaster COVID-19 di Nusakambangan

Bahkan, kata Budi, seperti halnya ebola, HIV, tidak bisa selesai hanya dalam satu tahun saja. “Ebola enggak pernah satu tahun. HIV enggak pernah habis itu 1 tahun. Bahkan sampai sekarang enggak pernah habis. Gitu ya. Itu yang harus kita set,” tegasnya.

Sehingga, Budi melanjutkan bahwa masalah kesehatan yakni pandemi COVID-19 ini harus diselesaikan. “Kita harus beresin masalah kesehatannya dulu. Nah, masalah kesehatannya apa? Masalah pandemi virus COVID-19 ini.”

Budi pun menegaskan bahwa rumus untuk menyelesaikan masalah pandemi COVID-19 rumusnya hanya satu yakni mengurangi laju penularan. “Dan semua pandemi sudah kita alami, dari black dead, polio, kolera, HIV, ebola, segala macam, rumusnya cuma satu bagaimana kita bisa mengurangi laju penularan. Agar yang sakit tidak melebihi kapasitas layanan kesehatan kita. As simple as that. Mengurangi penularan,” jelasnya.

“Kalau bahasa teknisnya, ratenya di bawah 1. Jadi 1 orang menulari 1 orang. Jangan 1 orang menulari 2 orang. Atau 1 orang tidak menulari. Kita harus kontrol pandemi ini, 1 orang menulari kurang dari 1 orang. Begitu sudah terjadi itu akan terkontrol. Pandemi bisa akan menjadi epidemi,” sambung Budi.
Budi menambahkan pandemi COVID-19 terkontrol itu adalah jika laju penularan COVID-19 di bawah 1. “Pandemi ini enggak akan selesai, dia bisa berubah ke epidemi, dimana terkontrol. Definisi terkontrol itu apa? Laju penularan di bawah 1,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)