Dapat Dokumen Kependudukan Baru, Aprilio Manganang: Seperti Terlahir Kembali

Senin, 22 Maret 2021 - 17:54 WIB
loading...
Dapat Dokumen Kependudukan Baru, Aprilio Manganang: Seperti Terlahir Kembali
Serda Aprilio Perkasa Manganang. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah menyerahkan secara langsung dokumen kependudukan baru kepada Sersan Dua (Serda) Aprilio Perkasa Manganang .

Hal itu dilakukan menyusul penetapan keputusan pengadilan yang mengabulkan perubahan jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki.

Seperti diketahui, sebelumnya Aprilio Perkasa Manganang bernama Aprilia Santini Manganang berjenis kelamin perempuan karena mengalami hipospadia atau kelainan pada sistem reproduksinya.

Zudan mengatakan, hal tersebut menjadi perhatian khusus Mendagri Tito Karnavian agar Dukcapil proaktif menyikapi putusan peng Pengadilan Negeri Tondano Sulawesi Utara terkait perubahan status tersebut.

Dokumen yang diterima Aprilio Manganang antara lain e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran terbaru atas namanya yang sekarang.

Sementara itu, Aprilio mengaku terlahir kembali dengan adanya dokumen kependudukan barunya. "Saya sangat bahagia sekali mendapatkan dokumen kependudukan yang baru. Saya seperti terlahir kembali. Sebab saya sudah menunggu ini selama 28 tahun," tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)