Kandidat Ketua Umum Kongres PB HMI Usulkan Pembentukan Himpunan Pelajar Islam

Minggu, 21 Maret 2021 - 20:35 WIB
loading...
Kandidat Ketua Umum Kongres PB HMI Usulkan Pembentukan Himpunan Pelajar Islam
Wakil Sekjen Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), M Ichya Halimudin memandang HMI perlu kembali fokus pada perkaderan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Sekjen Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam ( PB HMI ), M Ichya Halimudin memandang HMI perlu kembali fokus pada perkaderan. Kata dia, disrupsi dan perubahan besar setahun terakhir merupakan faktor utama pentingnya menyesuaikan perkaderan.

“Secara fungsi, HMI berfungsi sebagai organisasi kader. Artinya perlu untuk memberi perhatian lebih pada perkaderan khususnya di kondisi pandemi ini,” ujar Ichya dalam keterangannya, Minggu (21/3/2021).

Dia memandang bahwa perkembangan teknologi informasi di masa pandemi lebih pesat dibanding sebelumnya. Kebutuhan interaksi yang tetap tinggi, di tengah komunikasi langsung yang terbatas, memaksa masyarakat untuk lebih banyak memanfaatkan media sosial.

Menurut dia, media sosial bukan hanya menyadarkan tentang pentingnya membuat format perkaderan, melainkan juga pada subjek sasaran perkaderan. “Media sosial tidak hanya dihuni mahasiswa tapi juga pelajar. Karenanya, konten perkaderan sebaiknya dibuat bukan hanya untuk mudah dipahami mahasiswa, melainkan juga menarik perhatian pelajar,” jelas kader HMI Cabang Ciputat ini.

Dia bahkan memandang untuk memperoleh kader yang lebih matang sudah saatnya HMI menyiapkan kader sejak di sekolah menengah. “HMI perlu menyiapkan perkaderan dini. Ia mesti membangun jaringan kader di tingkat pelajar, agar sejak sekolah menengah pelajar sudah akrab dengan wajah Islam yang moderat,” tutur Ichya.

Kandidat Ketua Umum Kongres PB HMI ini menilai bahwa hanya dengan perkaderan dini di tingkat sekolah menengah, HMI bisa lebih matang dalam melahirkan kader yang paham keislaman dan keindonesiaan. “Untuk ikhtiar tersebut, pada kongres HMI ini kami mengusulkan pembentukan Himpunan Pelajar Islam. HPI,” pungkas Ichya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3188 seconds (0.1#10.140)