Meski Bangga, Prabowo Harap Indonesia Bikin Kapal Selam 100% Buatan Lokal

Minggu, 21 Maret 2021 - 08:41 WIB
loading...
Meski Bangga, Prabowo Harap Indonesia Bikin Kapal Selam 100% Buatan Lokal
Menhan Prabowo Subianto berkeinginan, agar ke depannya, PT PAL dapat memproduksi lebih banyak lagi kapal selam untuk Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah merampungkan pembangunan kapal selam pertama buatan industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia. Proyek ini bekerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan dan diberi nama Alugoro-405.



Di kesempatan yang sama, Pelaksana tugaa (PLT) Direktur Utama PT PAL Indonesia Etty Soewaedani mengaku siap menunaikan tugas yang diamanatkan oleh Prabowo. Bahkan, tidak hanya produksi kapal selam saja, melainkan juga kapal frigate.

"PT PAL siap untuk mendapatkan tugas selanjutnya dalam pembangunan kapal perang, baik itu kapal selam, kapal frigate, dan lainnya sesuai arahan Kementerian Pertahanan," ungkap Etty.

Sekadar informasi, nama Alugoro untuk kapal selam ini diambil dari nama senjata Prabu Baladewa yang berbentuk Gada dengan kekuatan pemusnah sangat dahsyat.

Pemberian nama Alugoro kepada kapal selam TNI Angkatan Laut dengan harapan dan penuh keyakinan, bahwa kapal ini akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata yang memiliki daya hancur besar dalam setiap peperangan. KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam ketiga jenis Diesel Electric, KRI sebelumnya KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)