Wujudkan Masyarakat Siaga Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG Adakan SLG

Rabu, 17 Maret 2021 - 15:17 WIB
loading...
Wujudkan Masyarakat Siaga Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG Adakan SLG
BMKG menggelar SLG di Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagai upaya mewujudkan masyarakat siaga bencana, salah satunya terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Geofisika (SLG) di Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagai upaya mewujudkan masyarakat siaga bencana, salah satunya terhadap ancaman gempa bumi dan tsunami.



Kegiatan SLG dilaksanakan selama dua hari pada 16-17 Maret 2021 dengan total peserta sebanyak 224 orang. Kegiatan SLG dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Balai Desa Glagah diikuti dan Balai Desa Kemadang. SLG diisi dengan kegiatan penguatan pemahaman oleh para Narasumber dari BNPB, PUPR, BPBD DIY dan BMKG, serta dilengkapi dengan Kegiatan Simulasi Tanggap Darurat Gempabumi dan Tsunami.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh komponen masyarakat paham dan mampu melakukan penyelamatan diri terhadap bencana gempa bumi dan tsunami, sehingga minim risiko korban jiwa maupun korban materiil," ujar Dwikorita.

BMKG juga telah menambahkan beberapa peralatan yang terdiri dari Intensitymeter untuk mengukur tingkat guncangan di Terminal Bandara akibat gempabumi, Accelerometer untuk mengukur percepatan tanah di Area Bandara, dan Warning Receiver System New Generation (WRS - NG) guna menyebarluaskan informasi Gempa bumi dan Tsunami dari BMKG Pusat ke Lingkungan DIY dan Lingkungan Bandara dalam waktu 2 sampai 4 menit setelah kejadian gempabumi.

"Gempa bumi tidak bisa dicegah karena ini salah satu bencana alam yang menjadi bagian dari kehidupan kita, namun yang dapat dicegah adalah jatuhnya korban jiwa ataupun kerugian sosial ekonomi. Hal inilah yang menjadi goal Sekolah Lapang Geofisika (SLG), khususnya untuk mitigasi Gempa bumi dan Tsunami," pungkas Dwikorita.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)