Mudik Lebaran Tak Dilarang, Polri Mulai Bahas Persiapan Operasi Ketupat 2021

Rabu, 17 Maret 2021 - 12:48 WIB
loading...
Mudik Lebaran Tak Dilarang, Polri Mulai Bahas Persiapan Operasi Ketupat 2021
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Korps Lalu Lintas Polri mulai menyiapkan aturan untuk kegiatan mudik Lebaran Tahun 2021 yang diwacanakan tidak akan dilarang oleh pemerintah tahun ini.

"Polri sudah ada keputusan, sesuai kebijakan pemerintah untuk mempedomani protokol kesehatan (selama penyelenggaraan mudik)," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan saat dihubungi, Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Diketahui, terkait arus mudik diperbolehkan tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI.



Rudy menambahkan, sejauh ini pihaknya tengah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah stakeholder terkait dengan kebijakan tersebut. Termasuk, beberapa diantaranya merupakan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Dia pun belum dapat memastikan apakah akan terdapat sejumlah penyekatan dan penutupan jalan, seperti dilakukan oleh Polri dalam mudik saat pandemi Covid-19 tahun lalu.



Rudy menerangkan, hari ini pihaknya bakal menggelar rapat dengan Asisten Operasi (Sops) Kapolri untuk menyusun rencana operasi ketupat 2021. "Hari ini juga baru rapat di Sops Polri bahas ops ketupat 2021. Pola ops kami akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah," ujar Rudi.

Diketahui, Budi Karya memaparkan bahwa mudik Lebaran 2021 bisa terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat mulai dari tempat keberangkatan, selama perjalanan, sampai di tempat kedatangan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa mudik lebaran tahun ini, pemerintah akan melaksanakan tracing secara ketat terhadap masyarakat yang bepergian. Namun demikian, keputusan finalnya masih akan dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)