Kubu AHY Sebut Moeldoko seperti Hulu Balang Istana yang Ingin Jadi Raja

Sabtu, 13 Maret 2021 - 09:14 WIB
loading...
Kubu AHY Sebut Moeldoko seperti Hulu Balang Istana yang Ingin Jadi Raja
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko disebut sebagai hulu balang Istana yang ingin menjadi raja. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrat (PD) kubu Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ), Wilem Wandik menyatakan, Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan PD (GPK-PD) atau kudeta yang diinisiasi pejabat Istana yakni KSP Moeldoko yang awalnya dibantah ternyata terbukti benar.

Kudeta tersebut terbukti setelah para mantan Kader PD seperti Marzuki Alie, Jhoni Allen Marbun, Darmizal, Hencky Luntungan sampai mantan Bendahara Umum PD, M Nazaruddin sukses menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Sumatera Utara yang menjadikan Moeldoko sebagai Ketua Umum versi para kader yang sudah dipecat tersebut.

"Sebagai respons atas "bocoran" gerakan kudeta yang diinformasikan pengurus partai di daerah tersebut, Ketum AHY secara sigap mengambil langkah-langkah pencegahan sejak 1 Februari 2020," kata Wilem, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Ini Sejarah Singkat Berdirinya Kantor DPP Partai Demokrat

Wilem menganggap, upaya kudeta itu kepalang basah, dan terekspos ke publik melalui konferensi pers Ketum AHY secara resmi di hadapan media dan publik nasional, serta langkah-langkah Ketum AHY yang menyurati Presiden Jokowi, sebagai bentuk penghormatan AHY kepada Presiden, yang meminta klarifikasi atas upaya anak buah Presiden tentang 'Abdi Dalem Istana' dilaporkan terlibat dalam upaya kudeta di Partai Demokrat.

Wakil Ketua Umum DPP PD itu mengatakan, upaya lugas dari Ketum AHY itu, sontak mengejutkan pihak Moeldoko cs, tapi dengan gestur yang agak malu-malu (malu tapi mau), ia justru menanggapi konferensi pers resmi Ketum AHY (selaku ketua umum yang sah di DPP PD), dengan menyampaikan statement klarifikasi ke media yang menolak keterlibatan dirinya dalam upaya kudeta.

"Pada akhirnya, semua ucapan itu hanyalah "kebohongan" yang memalukan," kata Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat itu.

Baca juga: Partai Demokrat Gugat 10 Pihak terkait KLB Kubu Moeldoko

Lebih lanjut Wilem mengatakan, dorongan syahwat dan ambisi yang begitu besar untuk menjadi orang nomor satu di partai yang disebutnya menganeksasi jabatan Ketum Demokrat secara paksa, tanpa perlu bersusah payah membentuk partai baru, dan juga kesempatan kudeta, agaknya tidak mungkin bisa dilewatkan.

"Apalagi punya "aji mumpung" masih mendapatkan "backing" dari nama besar dan pengaruh sebagai orang dekat di lingkaran istana (Abdi Dalem Istana). Karenanya KSP Moeldoko confirm untuk tetap melanjutkan rencana kudetanya. Ia seperti meyakini bahwa pihak Istana dan kolega politik di pemerintah, termasuk otoritas yang memegang kendali "pengesahan parpol sebagai badan hukum" di Kemenkum & HAM, dapat mereka kendalikan," katanya.

Kata Wilem, sepertinya sebagai pejabat teras di lingkaran Istana Kepresidenan, KSP Moeldoko merasa kekuatan embel embel "Abdi Dalem Istana" dapat digunakan untuk menekan dan "menakut nakuti" para kader Demokrat (di struktural DPD, DPC, hingga PAC di seluruh Indonesia) untuk membelot menyingkirkan Ketum AHY.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)