Agar Tak Ketinggalan Zaman, Pola Perkaderan HMI Harus Selaras Era Disrupsi

Jum'at, 12 Maret 2021 - 07:03 WIB
loading...
A A A
Riyanda menegaskan perkaderan di HMI sampai kapanpun akan tetap berpijak pada pedoman (landasan) perkaderan, yang diantaranya meliputi landasan teologis, ideologis, konstitusi, historis, dan sosio-kultural. Semua nilai prinsipil itu bersifat saklak yang tetap menjadi pedoman dasar perkaderan.

"Yang ingin kita sesuaikan adalah caranya, reaktualisasi pola pengkaderan dan readaptasi perkembangan zaman," terang Riyanda.

Lebih lanjut menurut Riyanda, HMI Reborn lebih menitikberatkan pada penyegaran sistem perkaderan yang ada. Dengan demikian, yang perlu digenjot atau dimodifikasi ialah cara indoktrinasi nilai, berupa Tri Komitmen HMI (wawasan Keindonesiaan, Keislaman, dan Keintelektualan) dengan menyesuaikan pada geliat disrupsi digital yang berkembang saat ini.

"Kita menginginkan agar pola indoktrinasi (pengajaran nilai) perlu disesuaikan dengan spirit zaman yang berkembang sekarang," imbuhnya.

Riyanda pun berkomitmen jika pada Kongres HMI nanti dirinya terpilih sebagai Ketua Umum PB HMI, maka akan segera melakukan serangkaian perubahan dalam format perkaderan di HMI.

"Saya akan memodernisasi instrumen perkaderan, sambil lalu memanfaatkan perkembangan teknologi 4.0 dan tetap menyiapkan road map menuju 5.0. Semua rumusan itu telah terbingkai rapi dalam konsep HMI Reborn," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)