Pengusaha Perempuan Milenial Bicara Agama dan Etos Kerja

Kamis, 11 Maret 2021 - 14:47 WIB
loading...
Pengusaha Perempuan Milenial Bicara Agama dan Etos Kerja
Maria Monica Leoningrum. Foto/Istimewa
A A A
Pengusaha perempuan milenial Maria Monica Leoningrum berbicara agama dan peningkatan etos kerja. Peningkatan etos kerja merupakan sebuah kewajiban bagi setiap insan untuk meraih peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

Namun demikian, menurut dia, bekerja tidak hanya sekadar dapat dimaknai untuk memenuhi harta tapi juga mendapatkan keberkahan dari Tuhan. Menjaga kekompakan antar karyawan juga menjadi bagian dari peningkatan etos kerja untuk mencapai keberkahan tersebut.

"Kita harus melihat agama itu sebagai suatu jalan untuk menyatukan. Jadi kenapa hubungannya erat agama dengan peningkatan etos kerja. Agama itu menjadi suatu norma untuk manusia menjalankan kehidupannya sesuai ajaran Tuhan masing-masing. Begitu juga di dalam perusahaan. Kita tahu kalau norma atau ketentuan itu ada. Jadi bagaimana cara menghubungkan agama bisa meningkatkan etos kerja dari karyawan kita untuk mencapai keberkahan," tutur Leony di sela-sela Silaturahmi dan Ceramah Rohani Imam Besar di Islamic Center of New York, Muhammad Shamsi Ali, bertajuk "Agama Dan Peningkatan Etos Kerja," di Tower 88 Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa 9 Maret 2021.

Leony menjabat sebagai Direktur Artharia Karya Oranye (AKO) PTE LTD. Menurut dia, pimpinan perusahaan ini meminta semua karyawannya meningkatkan etos kerja karena meningkatkan etos kerja merupakan ajaran agama.

Karyawan perusahaan yang bergerak di bidang Minyak dan Gas ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Namun, semua karyawan diberlakukan sama. "Paling penting tidak pernah saya melihat karyawan berdasarkan agamanya, suku dan etnis, dan gendernya. Semuanya sama," kata Leony.



Lulusan Prasetiya Mulya Business School ini mengatakan untuk mengembangkan sebuah perusahaan, semua karyawan harus menjadikan agama sebagai spirit menjaga persatuan dan kekompakan dalam bekerja.

Hal ini, dikatakan Leony, sangat penting untuk mendapatkan keberkahan itu sendiri. "Sangat bagus sekali kalau agama untuk menyatukan. Itu yang kita harapkan untuk karyawan-karyawan di sini. Jadi jangan ada kolompok-kolompok yang membuat kelompok terpisah terutama berhubungan dengan agama," ujarnya.

Leony mengatakan kerap meminta karyawannya menggelar doa bersama sebelum memulai bekerja. Doa dipanjatkan dengan harapan agar seluruh pimpinan dan karyawannya di perusahaan ini diberikan keselamatan dan keberkahan.

"Kita memang suka berkumpul misalnya setiap hari Senin untuk melakukan doa bersama karyawan perusahaan ini. Kan yang PT Prakarsa Betung Meruo Senami Jambi (PBMSJ) anak perusahaan dari AKO, bergerak di bidang minyak. Jadi sangat mengutamakan keselamatan, sebelum memulai pekerjaan doa keselamatan sangat kita utamakan. Itu sebelum pandemi ini. Tapi setelah pandemi ini kita mengatur jadwal WFH atau WFO satu minggu-satu minggu. Tetap kita terus mengatur mengenai doa bersama," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)