Doni Monardo: Bencana Bukan Semata Musibah tetapi Harus Dicegah

Rabu, 10 Maret 2021 - 16:45 WIB
loading...
Doni Monardo: Bencana Bukan Semata Musibah tetapi Harus Dicegah
Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengingatkan bahwa bencana bukan semata musibah tetapi harus dicegah. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana ( BNPB ), Doni Monardo mengingatkan bahwa bencana bukan semata musibah tetapi harus dicegah. Sehingga, kunci utama untuk mengurangi risiko bencana ada aspek pencegahan dan mitigasi.

Doni mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya mitigasi dan pencegahan bencana. “Pesan Presiden, makna pesan yang sama seperti yang kita dengar pada Rakornas Penanggulangan Bencana di Sentul tahun yang lalu. Para Rakornas ini pun bapak Presiden kembali menekankan pentingnya mitigasi dan pencegahan,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 secara virtual, Rabu (10/3/2021).

“Kalimat Bapak Presiden yang di benak kita semua adalah kunci utama mengurangi risiko bencana adalah aspek pencegahan dan mitigasi bencana. Pencegahan, pencegahan jangan terlambat,” sambung Doni.

Selain itu, Doni mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga meminta kita menyiapkan diri dengan membuat langkah antisipasi yang terencana dengan baik. “Dan yang tak kalah penting kebijakan nasional terhadap kerawanan bencana,” katanya.

Doni menjelaskan turunan kebijakan dan perencanaan pun harus terukur, harus ada proses pengendalian kebijakan dan tata ruang serta memastikan semua berjalan dengan baik di lapangan. “Bukan hanya diatas kertas,” ucapnya.

Selain itu, Doni menegaskan melalui mitigasi dan pencegahan serta kebijakan tata ruang yang sensitif terhadap kebencanaan, kita jadikan bangsa ini menjadi bangsa tangguh menghadapi bencana. “Menjadi bangsa yang maju akan takdirnya sebagai bangsa yang senantiasa diberikan kesempatan belajar dari bencana dan bencana.”

“Karenanya kita harus sadar dan tanggap bencana bukan untuk diratapi, tetapi untuk dimitigas. Bencana bukan semata musibah tetapi harus dicegah,” imbuh Doni.

Doni menambahkan manakala kita membiarkan rasa cinta terhadap ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa mendera niscaya mereka celaka. “Ketahuilah, petaka buat mereka punya dosa bagi kita yang telah abai dan lalai. Manakala kita mengabaikan tanda-tanda alam dan lingkungan hidup atas nama pembangunan, tunggu saja cepat atau lambat bencana akan melanda. Ujungnya hanya duka dan derita. Bahkan hilangnya harta dan nyawa,” tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)