Tagar Indonesia Terserah Tunjukkan Tiga Hal

Selasa, 19 Mei 2020 - 09:30 WIB
loading...
Tagar Indonesia Terserah Tunjukkan Tiga Hal
Fenomena tagar Indonesia Terserah di media sosial baru-baru ini ditanggapi oleh Analis Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Fenomena tagar Indonesia Terserah di media sosial baru-baru ini ditanggapi oleh Analis Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun.

Menurut dia, fenomena tagar Indonesia Terserah yang menduduki trending topik teratas di Indonesia setidaknya menunjukan tiga hal.

(Baca juga: Corona Belum Mereda, Masyarakat Diimbau Terus Lakukan Pencegahan)

Pertama, menunjukkan kekecewaan yang sangat mendalam dari tenaga medis dan masyarakat luas terhadap kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dan masyarakat yang sulit untuk disiplin.

"Ini terlihat dari narasi yang ada di dalam merespons tagar tersebut," ujar Ubedilah Badrun kepada SINDOnews, Selasa (19/5/2020).

Kedua, menunjukkan bahwa kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditolak oleh masyarakat secara luas. "Terutama oleh masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap dampak covid-19," ujarnya.

Ketiga, menunjukkan ada tanda-tanda atau potensi perlawanan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat luas. Sekadar diketahui, tagar Indonesia Terserah viral di media sosial belakangan ini.

Para tenaga medis dalam unggahan tersebut membawa kertas yang bertuliskan "Indonesia ? Terserah". Media asing pun bahkan menyoroti tagar Indonesia Terserah tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2658 seconds (0.1#10.140)