Tidak Campuri KLB Partai Demokrat, Polri: Kami Jaga Kamtibmas

Jum'at, 05 Maret 2021 - 20:14 WIB
loading...
Tidak Campuri KLB Partai Demokrat, Polri: Kami Jaga Kamtibmas
Peserta Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat kubu kontra AHY disambut Tarian Baluse, yang merupakan tarian perang khas Nias. Foto/MPI/Wahyudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - Polda Sumatera Utara (Sumut) mengatakan pihaknya tidak mencampuri urusan Kongres Luar Biasa ( KLB) Partai Demokrat yang berlangsung di Hotel The Hills, Desa Sukamakmur, Sibolangit, Deliserdang, Jumat (5/3/2021). Kehadiran petugas di areal KLB untuk memastikan suasana kamtibmas tetap aman.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan kepolisian tidak memiliki kewenangan untuk mencampuri urusan internal partai politik, termasuk Partai Demokrat. Dia mengatakan pihaknya tetap bertugas sesuai dengan tupoksi yakni menjaga kamtibmas tetap kondusif.

"Kami jaga adalah situasi kamtibmas agar tetap kondusif, tentu dengan melakukan langkah-langkah Polri yang presisi agar tidak terjadi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan Polri bertanggung jawab akan hal itu," kata Kabid Humas Pol Hadi Wahyudi, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: KLB Digelar Sangat Cepat, Moeldoko Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Demokrat

Untuk memastikan suasana di lokasi berlangsung kondusif, personel gabungan dari Polda Sumut dan Polrestabes Medan sudah diturunkan ke lokasi untuk menghindari bentrok. "Kami bekerja secara profesional dan proporsional yang sejalan dengan tuntutan hukum, demokratisasi, keadilan dan kebenaran, serta hak asasi manusia," katanya.

Hadi menegaskan, situasi KLB Partai Demokrat di Sibolangit berjalan aman dan kondusif. Personel pun masih tetap siaga di lokasi kongres mengantisipasi gangguan kamtibmas. "Kondisi aman dan kondusif, tidak ada berbuat anarkis apalagi memancing keributan di Sumut. Jika ada yang keberatan kegiatan ini silakan tempuh jalur hukum," ujarnya.

Sebelumnya, kericuhan mewarnai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Hotel The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara. Kubu AHY bentrok dengan massa pendukung KLB di sekitar lokasi. Lokasi bentrokan terjadi di Jalan Jamin Ginting, tepatnya di dekat SPBU. Satu orang terluka diketahui bernama Armanta Sembiring warga Desa Sukamakmur.

Baca juga: Colek Jokowi, Eks Waketum Gerindra Khawatir Kisruh Demokrat Ganggu Investasi


(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)