Belajar Bijak Memanfaatkan Internet lewat Pelatihan Asah Digital

Selasa, 02 Maret 2021 - 15:51 WIB
loading...
Belajar Bijak Memanfaatkan Internet lewat Pelatihan Asah Digital
Facebook bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi da Informatika(Kominfo) dan Siberkreasi menggelar pelatihan Asah Digital. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Teknologi digital dan internet berkembang begitu pesat dan telah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat saat ini. Pemanfaatan internet menjadi semakin tinggi di masa pandemi Covid-19 ketika sebagian besar interaksi masyarakat berpindah ke ranah virtual.

Untuk itu, diperlukan upaya untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam memanfaatkan internet dengan menjadi warga digital yang penuh etika dan bertanggung jawab.

Facebook bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Siberkreasi menggelar pelatihan Asah Digital, untuk memberikan pelatihan dan edukasi bagaimana kita dapat beradaptasi dengan dunia digital serta menggunakan teknologi dan internet dengan cakap dan bijak.

Pelatihan Asah Digital ini menyasar orangtua dan guru mengingat keduanya merupakan garda terdepan dalam memberikan edukasi kepada anak-anak.

Melalui pelatihan Asah Digital, orangtua dan guru diberikan sebuah modul yang berisi bagaimana kita dapat menggunakan dan memanfaatkan internet dengan baik, menyaring informasi secara teliti agar tidak terhasut oleh berita-berita palsu atau hoaks, serta bijak dalam menggunakan media sosial.

Pelatihan Asah Digital digelar secara virtual pada bulan Februari hingga 31 Maret 2021, sesi pertama telah digelar pada 17 Februari lalu dengan mengangkat tema “Dunia Maya dan Jejak Digital”.

Di sesi perdana ini, pelatihan ini menghadirkan Mira Sahid selaku Wakil Ketua Umum Siberkreasi dan juga praktisi literasi digital yang membahas mengenai pemanfaatan internet, mengenal identitas digital, bagaimana memilih informasi yang dapat dibagikan, dan mengapa mengamankan identitas digital itu penting.

Sesi berikutnya akan mengangkat tema seputar bagaimana kita harus menjaga data privasi kita. Pelatihan Asah Digital virtual ini disiarkan melalui Facebook Page Siberkreasi. Para peserta juga akan mendapatkan E-certificate usai mengikuti seluruh sesi pada pelatihan ini.

Bagi yang berminat mengikuti pelatihan Asah Digital, dapat mendaftar ke https://s.id/daftarasahdigital2-3 atau mengunjungi media sosial Siberkreasi di Facebook, Instagram, dan Twitter @Siberkreasi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan ini.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)