Polri Amankan Senpi Rakitan dan Amunisi dari 12 Terduga Teroris di Jatim

Senin, 01 Maret 2021 - 14:36 WIB
loading...
Polri Amankan Senpi Rakitan dan Amunisi dari 12 Terduga Teroris di Jatim
Densus 88 Antiteror Polri mengamankan sejumlah senjata api rakitan, amunisi berupa peluru dan senjata tajam dengan berbagai jenis saat menangkap 12 terduga terorisme di wilayah Jatim. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan sejumlah senjata api rakitan , amunisi berupa peluru dan senjata tajam dengan berbagai jenis saat menangkap 12 terduga teroris di wilayah Jawa Timur (Jatim).

"Telah diamankan barang bukti berupa 50 butir peluru 9 mm, satu pistol rakitan berjenis FN," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (1/3/2021).

Selain itu, kata dia, pihak kepolisian juga mengamankan sejumlah bendera daulat berwarna hitam dan putih. Setidaknya, dalam penangkapan itu ada empat bendera dengan warna hitam dan putih yang dijadikan barang bukti.

Baca juga: 12 Terduga Teroris yang Ditangkap di Jatim dari Kelompok Jamaah Islamiyah

Rusdi menyebut, terdapat beberapa jenis senjata tajam yang juga diamankan oleh penyidik Densus. Kata dia, semua senjata itu telah disimpan dengan rapi di salah satu markasnya.

"Pisau delapan, samurai ada dua, golok tiga buah dan senjata tajam lainnya berbentuk busur kurang lebih 23 yang dijadikan barang bukti," ujar Rusdi.

Menurutnya, 12 teroris yang ditangkap di beberapa wilayah ini membuat senjata-senjata tersebut di sebuah bunker. Densus, kata dia, juga menemukan jalur pelarian yang disiapkan oleh para tersangka teroris itu usai melakukan aksi teror yang telah dipersiapkan.

Baca juga: Densus 88 Tangkap 12 Terduga Teroris di Surabaya, Malang, Sidoarjo dan Mojokerto

"Tentunya mereka telah melakukan aktivitas-aktivitas berupa latihan beladiri dan mereka juga sudah merancang bunker yang akan digunakan untuk kegiatan pembuatan senjata maupun bom rakitan," ucap Rusdi.

Adapun ke-12 terduga teroris itu adalah UBS alias F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS, MI. Mereka diduga berafiliasi dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)