178 Bupati/Wali Kota Dilantik Serentak Besok, Kemendagri Dorong Dilakukan Virtual

Kamis, 25 Februari 2021 - 13:11 WIB
loading...
178 Bupati/Wali Kota Dilantik Serentak Besok, Kemendagri Dorong Dilakukan Virtual
178 Bupati/Wali Kota Dilantik Serentak Besok. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 178 bupati /wali kota dan wakilnya akan dilantik Jumat, 26 Februari 2021. Pelantikan dilakukan oleh masing-masing gubernur.

"Kalau tidak ada yang sangat fatal sekali, besok akan ada pelantikan sebanyak 178 kabupaten/kota yang dilakukan di masing-masing provinsi. Pelantikan dilakukan oleh gubernur atau penjabat gubernur masing-masing provinsi," kata Kapuspen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benny Irwan, Kamis (25/2/2021).

Benny menyebut bahwa pelantikan besok diperuntukkan bagi bupati/wali kota yang akhir masa jabatannya habis pada Februari ini.



"Nah memang semuanya berakhir di 17 Februari sesungguhnya. Tapi karena kita mau melaksanakan ini dengan semangat keserentakan maka kita laksanakan di tanggal 26 besok. Mudah-mudahan enggak ada persoalan," ujarnya.

Seperti diketahui, pelantikan bupati/wali kota akan dilakukan secara serentak bertahap. Besok merupakan tahap pertama pelantikan. Sementara, pelantikan serentak tahap kedua akan digelar pada akhir April mendatang. Kemudian pelantikan serentak tahap ketiga kemungkinan akan digelar pada Juli mendatang.

Baca juga: Serius Tarung di Pilpres 2024, Anies Disarankan Masuk Parpol


"Jadi untuk tahap pertama ini kita pahami bersama untuk pelantikan kepala daerah berdasarkan UU Nomor 10/2016 ini kita lakukan secara serentak. Semangatnya serentak. Tapi karena rentang waktu masa akhir jabatan kepala daerah ini tidak sama semua, akhirnya serentak itu kita lakukan bertahap," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Kemendagri telah melakukan rapat bersama jajaran pemerintah provinsi terkait pelaksanaan pelantikan tersebut. "Kita mendorong pelantikan ini bisa dilakukan secara virtual. Meskipun ada beberapa provinsi yang meminta untuk hybrid. Nah masing-masing daerah yang akan melaksanakannya di provinsi masing-masing," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3143 seconds (0.1#10.140)