Kadin dan KKP Berikan 2.000 Paket Bantuan untuk Nelayan Muara Baru

Senin, 18 Mei 2020 - 14:02 WIB
loading...
Kadin dan KKP Berikan 2.000 Paket Bantuan untuk Nelayan Muara Baru
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan 2.000 paket sembako dan olah ikan untuk nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta. (Ist)
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan 2.000 paket sembako dan olah ikan untuk nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta.

Kegiatan itu merupakan instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, sebagai salah satu upaya membantu nelayan di tengah pandemi Covid-19 yang didukung para pelaku usaha di Kadin.

“Kami ingin ikut aktif berpartisipasi dan mendukung program pemerintah dalam penyerahan bantuan untuk nelayan seperti ini. Sebagian dari bantuan adalah hasil penggalangan dari teman-teman Kadin,” ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto, Senin (18/5/2020).

Bantuan paket sembako itu terdiri dari beras, gula, mi instan, minyak goreng, produk-produk perikanan dan juga masker. Tidak hanya nelayan, sembako juga diberikan kepada para Anak Buah Kapal (ABK) dan tim kebersihan pelabuhan.

Yugi mengatakan, bantuan paket sembako dan produk perikanan diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi antara pemerintah, pengusaha dan nelayan. Meskipun pandemi Covid-19 cukup berimbas pada perekonomian dan juga sektor usaha kelautan dan perikanan, pihaknya berharap nelayan tetap produktif dan bekerja dengan giat.

“Memang sekarang ini kondisinya sedang tidak kondusif ya, semuanya terimbas. Pengusaha hingga nelayan juga. Saya dapat laporan, banyak dari mereka kesulitan menjual hasil tangkapan, demikian juga pengusaha agak kesulitan karena tujuan market-nya berkurang. Kami juga sudah menyampaikan ke pemerintah untuk dapat menyerap hasil produksi nelayan,” kata Yugi.

Dia mengatakan, selain susahnya mencari pembeli, saat ini nelayan dihadapkan pada permasalahan gejolak harga yang tidak stabil terhadap hasil tangkapan. Sehingga, hal ini menyebabkan pendapatan nelayan yang ikut menurun.

“Upaya yang diperlukan saat ini adalah bagaimana membuat iklim usaha kelautan dan perikanan tetap terjaga. Kami, dari pengusaha optimistis bisa melalui tantangan ini. Kita harapkan nelayan pun demikian. Kami harapkan pemerintah bisa memperhatikan semua aspek dari hulu sampai hilir, agar dampak Covid-19 bisa diminimalisir,” tandasnya.

Yugi mengungkapkan, volume produksi nelayan cukup baik dan industri masih bisa bertahan dengan kapasitas yang ada untuk 2-3 bulan ke depan masa pengolahan. “Tuna, cakalang, dan tongkol harga dan permintaan pasarnya masih cukup bagus,” kata dia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, memang tak henti-hentinya mengajak pelaku usaha perikanan untuk terus aktif memberi bantuan ke masyarakat. Terutama nelayan di sekitar pelabuhan perikanan yang terkena dampak ekonomi imbas pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)