Politikus PKB Bilang Posisi Anies Sangat Terancam, Risma Kandidat Terkuat Pilgub DKI

Jum'at, 19 Februari 2021 - 16:28 WIB
loading...
Politikus PKB Bilang Posisi Anies Sangat Terancam, Risma Kandidat Terkuat Pilgub DKI
Politikus PKB Bilang Posisi Anies Sangat Terancam, Risma Kandidat Terkuat Pilgub DKI. Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Median masih menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terkuat sebagai kandidat dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang. Namun, politikus Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) justru meyakini Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ( Risma ) akan menggusur Anies.

"Survei Median menunjukkan posisi Anies di Pilgub DKI sangat terancam," ujar Ketua DPP PKB Faisol Riza, Jumat (19/2/2021).

Menurut Faisol, Risma berpotensi besar menjadi pemimpin DKI Jakarta selanjutnya. Ia melihat posisi wakil Gubernurlah yang saat ini sedang diperebutkan. "Bu Risma akan jadi kandidat terkuat Pilgub DKI," kata Aktivis 98 ini.

Baca juga: Demokrat Pamer 9 Kader untuk Pilkada DKI, PDIP: Stok Banyak yang Siap


Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menambahkan, hampir pasti Gubernur DKI mendatang adalah Risma. Dan, dia mengatakan, sekarang yang diperebutkan adalah posisi wakil gubernur.

Menurut Faisol, masa jabatan Anies sebagai pejabat publik akan berakhir pada 2022, sedangkan Risma akan terus tampil sebagai menteri hingga 2023. Karena itu, ungkap Faisol, kondisi tersebut dinilai akan berpengaruh terhadap elektabilitas Anies ataupun Risma menjelang perhelatan Pilgub DKI.

Baca juga: Demokrat Pamer Jagoan Pilgub DKI, Golkar: Pilkadanya Tahun 2024, Masih Jauh


"Pak Anies selesai 2022, panggung politiknya berkurang. Sementara Bu Risma masih menteri sampai 2023. Setahun akan berubah banyak," ujarnya.

Diketahui, nama Tri Rismaharini atau Risma membuntuti Anies Baswedan dalam hasil survei sejumlah lembaga survei. Hasil survei terbaru lembaga survei Median menunjukkan nama Tri Rismaharini berada tepat di bawah nama Anies Baswedan terkait Pilgub DKI Jakarta.

Baca juga: Amien Rais Sampaikan Kabar Baru Partai Ummat, Apa Itu?


Populasi survei Median ini adalah warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan target sampel 400 responden, yang dipilih dengan teknik multistage random sampling. Waktu survei dilakukan pada 31 Januari-3 Februari 2021.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menjalankan protokol kesehatan. Margin of error survei ini +/- 4,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya:
1. Anies Baswedan: 40,5%
2. Tri Rismaharini; 16,5%
3. Basuki Tjahja Purnama (Ahok): 8,5%
4. Sandiaga Uno: 3,0%.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)