Kang Jalal Meninggal, Sejumlah Tokoh Puji Karya sang Cendekiawan Muslim

Senin, 15 Februari 2021 - 23:16 WIB
loading...
Kang Jalal Meninggal, Sejumlah Tokoh Puji Karya sang Cendekiawan Muslim
Cendikiawan dan dan mubaligh Islam terkemuka di Indonesia, Jalaludin Rakhmat meninggal dunia karena sakit di Bandung, Jawa Barat Senin (15/2/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cendekiawan Muslim, Jalaluddin Rakhmat, meninggal dunia dalam usia 72 tahun, di Rumah Sakit Santosa, Bandung, Senin (15/2) sore. Sebelumnya. Jalaluddin dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani tes usap (swab test) PCR.



Sejumlah tokoh pun menyampaikan duka cita dan doa untuk pria yang akrab disapa Kang Jalal itu. Mereka memuji buku-buku karya Kang Jalal, meskipun beberapa di antara tokoh tersebut tidak mengenalnya secara pribadi.

"Baru mendapat kabar Kang Jalaluddin Rakhmat berpulang. Saya hanya mengenalnya dari buku-buku yang beliau tulis. Hemat saya, beliau, bersama Gus Dur, Cak Nur, Djihan Effendy, Moeslim Abdurrahman, adalah intelektual besar Islam Indonesia. Innalillahi wainailaihi rojiun," ujar Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat, Rachland Nashidik, dalam akun twitternya @RachlanNashidik, Senin (15/2/2021) malam.

Sama halnya dengan mantan Pimpiman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif. Dia menyampaikan kekagumannya terhadap buku karya Kang Jalal. Hal ini disampaikannya dalam akun Twitter pribadinya @LaodeMSyarif.



"Dulu kami mahasiswa selalu tergoda untuk membaca buku-bukumu yang bernas. Selamat jalan Kang Jalaluddin Rakhmat. Semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi Illahi Rabbi. Alfatihah," tulis Laode.

Mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin juga menyampaikan terima kasih atas pencerahan dan wawasan yang diberikan Jalaluddin Rakhmat lewat karya-karyanya.

"Selamat berpulang Kang Jalaluddin Rahmat.. Terima kasih tiada terhingga, telah mencerahkan dan memperluas wawasan keIslaman banyak anak muda pada era 1980-an.. Berpulanglah sepenuh rela.. Al-faatihah..," tulis politisi senior PPP itu dalam akun Twitternya @lukmansaifuddin.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)