Sandiaga Uno Pamer Opal Coffee, Produk Berkualitas Kelas Dunia

Rabu, 10 Februari 2021 - 03:12 WIB
loading...
Sandiaga Uno Pamer Opal Coffee, Produk Berkualitas Kelas Dunia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pamerkan Opal Coffee sebagai produk kopi Indonesia yang berkualitas internasional. Sandi sebut sistem pengembangan Opal Coffee juga melibatkan semua pihak.

Hal itu dikatakan Sandi dalam bincang live Instagram #Pesonaid_Travel. Dia menyebut Opal Coffee merupakan produk asli masyarakat Danau Toba Sumatera Utara yang dapat bersaing di pasar gelobal.

"Sekarang saya ada satu produk total yang kualitasnya udah bener-bener kelas dunia nih luar biasa. Opal Coffee ini salah satunya ini longdin sumber buah ceri dan green tea," kata Sandi dikutip, Rabu (10/2/2021).

Opal Coffee yang diproduksi oleh koperasi kopi si mata makmur daily menggunakan biji kopi asal Sidikalang, Kabupaten Dairi dan Lintong Ni Huta, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara. Baca juga: Sandiaga Uno Berharap Program #BeliKreatifDanauToba Untungkan Masyarakat

"Dan yang paling keren, koperasi ini beranggotakan petani dan pengolah kopi di seputar Danau Toba. Jadi ini packagingnya, koperasi ini bekerja sama dengan Opal Coffee, sudah ngembangin komoditi kopi di Daili dari hulu sampai hilir mulai dari budidaya melalui bantuan bibit pada petani untuk pengembangan," kata Sandi.

Dia menyebut saat ini pengembangan budidaya yang dilakukan oleh koperasi juga semakin besar. Tercatat sampai saat ini sudah ada lima ribu hektare lahan yang digunakan untuk tanam kopi.

"Tanamannya hingga 5 ribu hektar. Terus kedua mereka udah pakai teknologi untuk pemeliharaan kopi. Ketiga mereka juga udah standarisasi buah dan greentea nya," jelasnya. Baca juga: Berkali-kali Kunjungi Danau Toba, Begini Alasan Menparekraf Sandiaga Uno

Tidak hanya itu, pemesanan dan pengelolaan Opal Coffee juga sudah modern. Dalam penyajian semua sudah tersedia dalam kemasan.

"Keren banget udah pake brew jadi kalau aku biasa pagi-pagi suka manual brew udah pake ini. Udah langsung gampang banget. Enggak pake repot," jelas Sandi.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2785 seconds (11.210#12.26)