Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 20 Wilayah di Indonesia

Selasa, 09 Februari 2021 - 07:01 WIB
loading...
Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 20 Wilayah di Indonesia
Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 20 Wilayah di Indonesia. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tanggal 9 dan 10 Februari 2021. BMKG memprediksi ada 20 wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada 9 Februari 2020.

Dari data yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (9/2/2021), sebanyak 20 wilayah tersebut di antaranya akan berpotensi hujan, hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang.

Rinciannya, 16 wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang. Wilayah itu di adalah Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.

Baca juga: BMKG Prakirakan Pagi Ini Seluruh Wilayah Jakarta Bakal Diguyur Hujan


Sementara itu, ada empat wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang. Empat wilayah tersebut yakni Bengkulu, DKI Jakarta, Maluku Utara, dan Papua Barat.

BMKG juga memprediksi potensi dini cuaca ekstrem untuk Rabu tanggal 10 Februari. Ada sebanyak 18 wilayah yang berpotensi hujan, hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang.

Baca juga: Intensitas Hujan Tinggi, PLN Sisir Gardu Rawan Terendam Banjir di Tambun


15 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang, yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku, dan Papua.

Dan, tiga wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang, yakni Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)