Prof Firmanzah Dikenal Cerdas dan Inovatif, Ini Profilnya

Sabtu, 06 Februari 2021 - 11:46 WIB
loading...
Prof Firmanzah Dikenal Cerdas dan Inovatif, Ini Profilnya
Prof Firmanzah. Foto/Dok SINDOnews
A A A
DEPOK - Prof Firmanzah , SE, M,.M., M.Phil., PhD, meninggal dunia Sabtu (6/2/2021) ini. Pria yang akrab disapa Fiz inimerupakan sosok intelektual yang cerdas dan inovatif.

Fiz tutup usia karena sakit. Pria yang lahir di pada 7 Juli 1976 inimenjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina .

Fiz juga tercatat pernah menjabat sebagai Dekan Termuda di Fakultas Ekonomi & Bisnis UI, di usia 32 tahun (2009-2012). Sebelum menjadi Dekan, almarhum menjabat sebagai Wakil Kepala Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FE UI.

Kemudian, menjadi Kepala Kantor Komunikasi UI pada periode 2008-2009. Beliau juga menjadi guru besar termuda di usia 34 tahun. Pria kelahiran Kota Pahlawan, Surabaya ini tidak hanya juga seorang pengajar di tanah air, tetapi juga menjadi 'visiting professor' di beberapa Universitas di luar negeri seperti: Universite de Science et Technologie de Lille I; Universite de Pau et des Pays de l?adour dan Universite de Grenoble II; University of Nanchang, China; Amos Tuck Business School, USA.



Selain menekuni keilmuan manajemen, Prof Fiz juga kerap memerhatikan dan menulis tentang fenomena sosial politik yang berkembang di masyarakat. Beberapa karya monumental beliau yang dinikmati oleh para mahasiswa di seluruh Nusantara ialah Marketing Politik. Antara Pemahaman dan Realitas (2007); Globalisasi : Sebuah Proses Dialektika Sistemik; Mengelola Partai Politik (2007): Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik ei Era Demokrasi (2008).

Salah satu rekan Fiz saat di Humas UI tahun 2008, Devie Rahmawati memiliki kenangan terhadap almarhum. "Prof Firmanzah ialah sosok intelektual muda yang secara personal dan profesional telah menunjukkan keanggunan sekaligus kekuatan dari kecerdasan yang dibalut kebersahajaan. Beliau meraih gelar guru besar di usia 34 tahun, sebagai profesor termuda," kata Devie yang merupakan sesama pengajar tetap di UI.



Capaian itu, kata Devie, menjadi inspirasi banyak ilmuwan muda indonesia. Fiz juga mampu menduduki posisi manajerial sebagai dekan di usia yang juga sangat muda. Secara personal beliau ialah sosok yang tidak pernah lelah untuk belajar. "Beliau juga selalu menunjukkan kerendahan hati dengan segala prestasi dan pencapaiannya. Tidak hanya itu, beliau juga mampu menunjukkan penghormatan kepada para kawan, kolega, rekan kerja dan media. Secara profesional juga telah membukakan jalan optimisme bagi kaum muda civitas akademika untuk bisa menorehkan jejak keberhasilan di berbagai sektor. Dan menjadi panutan nyata lewat karya karya buku dan ilmiahnya," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4617 seconds (0.1#10.140)