AHY Ungkap Kudeta Demokrat, Pengamat Teringat Perpecahan di Partai Lain

Senin, 01 Februari 2021 - 17:57 WIB
loading...
AHY Ungkap Kudeta Demokrat, Pengamat Teringat Perpecahan di Partai Lain
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap adanya pihak-pihak yang berupaya menggulingkannya dari jabatan Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

Adapun kelompok yang ingin "menggulingkannya" di antaranya mantan kader Partai Demokrat dan salah seorang menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Abu Janda Diam-Diam Telah Diperiksa Bareskrim Polri

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin teringat perpecahan yang dialami partai politik. "Kita tahu PPP dan Golkar pernah dibelah lalu ikut pemerintah," ujar Ujang Komarudin yang juga sebagai Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini kepada SINDOnews, Senin (1/2/2021).

Ujang menambahkan, Amien Rais juga pernah "dikudeta" dari Partai Amanat Nasional (PAN). Adapun Amien Rais merupakan salah satu pendiri PAN yang akhirnya mendirikan Partai Ummat. Kemudian, Ujang mengingatkan bahwa Partai Berkarya juga pernah dikudeta.

Baca Juga: Gelar Rekonstruksi Kasus Bansos COVID-19, KPK Munculkan Nama Ihsan Yunus

Begitu juga Partai Berkarya yang kini terbelah menjadi dua kubu, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) dan Muchdi Purwoprandjono atau Muchdi PR yang merupakan pendukung Presiden Jokowi.

"PKS terpecah karena ada Partai Gelora Indonesia. Saat ini sepertinya Demokrat yang sedang digoyang-goyang dan akan dikudeta. Tapi itu baru dugaan. Apakah benar. Kan AHY sedang meminta klarifikasi pada Jokowi," tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)