Masyarakat Internasional Sambut Positif Penunjukan Gus Yaqut sebagai Menag

Sabtu, 30 Januari 2021 - 13:52 WIB
loading...
Masyarakat Internasional Sambut Positif Penunjukan Gus Yaqut sebagai Menag
Penunjukan Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama (Menag) mendapat sambutan hangat dari masyarakat internasional. FOTO/DOK.HUMAS KEMENAG
A A A
JAKARTA - Penunjukan Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama (Menag) mendapat sambutan hangat dari masyarakat internasional.

Centris Democrat Internasional (CDI), koalisi partai-politik terbesar di dunia yang kaukusnya di Eropa, yaitu European People’s Party (EPP) dan menguasai pemerintahan Uni Eropa saat ini, membuat pernyataan resmi berisi ucapan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atas pengangkatan Gus Yaqut.

Baca Juga: Gowes Jadi Tren, Omzet Pedagang Sepeda Terdongkrak 190% di 2020

Sebagaimana diketahui, PKB adalah anggota CDI yang menonjol perannya di dalam koalisi internasional tersebut sedangkan Gus Yaqut adalah salah seorang Ketua DPP PKB.



CDI memandang pengangkatan Gus Yaqut sebagai wujud sukses Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum PKB dalam memainkan peran politiknya di Indonesia.

"Pengangkatan Mr Qoumas menunjukkan peran esensial yang dijalankan oleh PKB dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, dan kontribusinya bagi kesentosaan masyarakat Indonesia secara luas," demikian pernyataan tertulis yang ditanda-tangani Presiden CDI, Andres Pastrana, dan Sekjennya, Antonio Isturiz, dikutip, Sabtu (30/1/2021).

Baca Juga: Pajak Pulsa dan Token Listrik Dikomentarin Netizen: Saya Tidur di Goa Aja

CDI memandang bahwa pengangkatan Gus Yaqut, salah seorang inisiator Gerakan Global Humanitarian Islam, membangkitkan harapan besar bagi upaya membangun aliansi internasional Abad ke-21 untuk mendorong terwujudnya tata dunia atas dasar tertib hukum (rules-based international order) berlandaskan etika universal dan nilai-nilai kemanusiaan, sebagaimana dicanangkan dalam resolusi CDI dalam Pertemuan Komite Eksekutifnya di Yogyakarta pada 23 Januari 2020.



CDI yakin, ini bisa menjadi jalan realisasi bagi tekad yang disampaikan oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dalam pidatonya di forum tersebut bahwa PKB bertekad memastikan agar Indonesia mengambil peran penuh dalam upaya ini, dan mengusung panji-panji kontribusi Indonesia bagi masa depan kemanusiaan dan peradaban dunia.

Sementara itu, Paul Marshal, seorang Indonesianis asal Amerika, dalam tulisannya yang dimuat di media Peovidence Magazine menyatakan, Yaqut jauh dari sekadar birokrat agama biasa. "Ia dan teman-temannya telah dan senantiasa berjuang keras melawan ekstremisme," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)