Harlah ke-95 NU, Bamusi Bicara Kedekatan Bung Karno dan Nahdlatul Ulama

Sabtu, 30 Januari 2021 - 13:36 WIB
loading...
Harlah ke-95 NU, Bamusi Bicara Kedekatan Bung Karno dan Nahdlatul Ulama
Foto Presiden Indonesia Soekarno atau popular disapa Bung Karno. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Organisasi sayap PDI Perjuangan, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) mengingatkan kembali kedekatan para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dengan Presiden Pertama RI, Soekarno ( Bung Karno ). Hal itu dikatakan Sekretaris Umum Bamusi, Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menjelang peringatan Harlah ke-95 NU yang jatuh pada 31 Januari 2021.

Gus Falah menyatakan, kedekatan Bung Karno dengan para ulama NU seperti Hadratusysyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah telah sangat lama terjalin. Bahkan Bung Karno sering meminta nasihat tokoh NU sebelum menerapkan keputusan penting untuk bangsa dan negara.

"Seperti ketika Bung Karno merumuskan Pancasila, beliau selalu meminta dawuh dari Hadratusysyaikh, dan putranya yang juga ayah dari Gus Dur, yakni KH Abdul Wahid Hasjim," kata Gus Falah dalam keterangan resminya, Sabtu (30/1/2021).



Gus Falah melanjutkan, kedekatan Bung Karno dengan NU juga tampak, tatkala Sang Proklamator ingin mengundang para tokoh agama untuk menggelar suatu pertemuan. Bung Karno pun meminta saran dari KH Wahab Hasbullah tentang nama yang cocok untuk pertemuan tersebut.

"Dan KH Wahab Hasbullah pun menyarankan kepada Bung Karno untuk menamakan pertemuan tersebut 'Halal bi Halal'," ujar Gus Falah.

Contoh kedekatan Bung Karno dengan NU lainnya juga tampak dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI.
Kala itu, Bung Karno sowan kepada Hadratusysyaikh KH Muhammad Hasyim Asy'ari sebelum memproklamasikan kemerdekaan RI.

"Hadratusysyaikh pun mengusulkan kepada Bung Karno agar memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di hari Jumat yang merupakan penghulunya hari, serta di bulan Ramadhan yang merupakan penghulunya bulan," ujar pria yang juga Bendahara Umum PBNU ini.



Bung Karno, lanjut Gus Falah, memang sangat mencintai NU. Kecintaan Bung Karno terhadap NU disampaikan secara eksplisit saat Muktamar ke-23 NU pada 28 Desember 1962.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)