Positivity Rate Covid-19 di Tanah Air Sebesar 27 Persen, Ini Artinya

Selasa, 26 Januari 2021 - 10:09 WIB
loading...
Positivity Rate Covid-19 di Tanah Air Sebesar 27 Persen, Ini Artinya
Pelaksanaan uji usap atau swab test. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan saat ini positivity rate Covid-19 di Tanah Air sebesar 27%.

"Kalau kita melihat Covid-19 sekarang, semalam saya mendapat informasi bahwa positivity rate -nya adalah 27%," ungkap Riskiyana dalam Webinar bertema 'Mengapa Perlu Vaksinasi Covid-19?', Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Anggota DPD Minta Komando Penanganan Covid-19 di Jabodetabek Dipegang Pemerintah Pusat


Riskiyana mengatakan, dengan positivity rate sebesar 27%, artinya setiap tiga orang yang diperiksa maka ada satu orang yang positif Covid-19. "Artinya kalau 27% ini dari katakanlah tiga yang diperiksa satu yang positif kalau 27% itu. Berarti kalau kita melihat tiga diperiksa satu yang positif, kita bisa melihat seberapa banyak yang menderita Covid-19 ini," katanya.

Baca juga: Pakai Masker Diperkirakan hingga Tahun 2025, Pakar Epidemiologi: Bisa Jadi


Menurutnya, kalau yang menderita Covid-19 semakin banyak kemudian dia menggunakan transportasi sehari-hari seperti pesawat ataupun kereta api yang tertutup, sementara satu di antara tiga penumpangnya adalah hasilnya positif, sangat berbahaya.

Riskiyana juga mengatakan yang paling berbahaya dan perlu diwaspadai adalah orang tanpa gejala. "Terutama yang berbahaya adalah orang yang tanpa gejala itu. Yang tanpa gejala yang tidak menunjukkan adanya keluhan tapi sebetulnya dia positif," katanya.

Bahkan, kata Riskiyana, banyak pejabat-pejabat termasuk Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo yang juga terpapar Covid-19 namun tanpa gejala.

Baca juga: Kondisi Terkini Doni Monardo, Ketua Satgas yang Posifif Covid-19


"Jadi banyak pejabat-pejabat kita termasuk dari BNPB yang merasa ‘saya nggak merasa keluhan apa-apa, tapi ketika dites kok positif'. Nah ini yang perlu kita waspadai," tegas Riskiyana.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)