Wisata Virtual Terus Berkembang, Mulai Dilirik Daerah

loading...
Wisata Virtual Terus Berkembang, Mulai Dilirik Daerah
Benteng Otanaha Kota Gorontalo menjadi salah satu lokasi yang dijadikan wisata virtual. FOTO/IST
JAKARTA - Wisata virtual di Indonesia terus berkembang di tengah pandemi COVID-19. Sejumlah daerah pun kini mulai tertarik menyelenggarakannya untuk mengenalkan pariwisata lokal lebih luas sekaligus memberikan kontribusi positif dari sisi ekonomi.

CEO Atourin, Benarivo Triadi Putra mengatakan, pihaknya telah menyelenggarakan 159 wisata virtual selama 2020. Sebagian besar lokasi yang disajikan adalah objek wisata lokal di Indonesia. Wisata virtual luar negeri hanya dilakukan sekali yakni di Madinah dan Mekkah, Arab Saudi.

"Selama 2020 ada sebanyak 1.555 peserta wisata virtual yang didominasi oleh laki-laki dan anak muda berusia 17-30 tahun," kata Benarivo dalam konferensi pers secara virtual, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Yuk, Berekreasi Melalui Wisata Virtual di Ragunan dan Ancol



Menurutnya, potensi wisata virtual ini cukup terbuka untuk terus dikembangkan. Untuk itu, Atourin sebagai perusahaan teknologi di bidang pariwisata, turut serta dalam program Localise SDGs yang diinisiasi oleh United Cities and Local Governments Asia Pasicif (UCLG ASPAC), untuk memberikan pelatihan kepada 100 pelaku wisata di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Gorontalo.

Para peserta diberikan pelatihan membuat virtual tour dan digital marketing, melatih skill teknis maupun nonteknis, dan memberi pemahaman mengenai wisata virtual yang sangat berbeda dengan wisata offline. Dengan adanya pelatihan ini, maka diharapkan para pelaku wisata mampu menyelenggarakan wisata virtual dengan baik dan menjadi jalan alternatif mendapatkan pemasukan di tengah pandemi.

"Kami menyiapkan 10 virtual traveling di Sulsel dan Kota Gorontalo pada Februari 2021 yang dilakukan oleh peserta pelatihan. Ini sifatnya gratis. Bagi yang berminat bisa mendapatkan tiketnya di Tiket.com," kata Benarivo.



Baca juga: HUT Ke-493 DKI Jakarta, Anies Ajak Warga Wisata Virtual via Gawai
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top