MAKI Lacak Harun Masiku di Dua Negara, Minta KPK Terbitkan Red Notice

Kamis, 21 Januari 2021 - 21:34 WIB
loading...
MAKI Lacak Harun Masiku di Dua Negara, Minta KPK Terbitkan Red Notice
MAKI mendesak KPK menerbitkan red notice untuk Harun Masiku yang diduga berada di luar negeri. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) memintaKomisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) untuk menerbitkan red notice untuk Harun Masiku tersangka kasus dugaan suap pengurusan proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Mantan caleg PDIP itu saat ini masih buron dan disebut polisi belum diketahui keberadaannya.

"Informasi keberadaan hidup atau mati aja nggak tahu, di dalam negeri atau di luar negeri juga nggak tahu. Dan sampai saat ini yang saya sayangkan itu adalah salah satunya tidak diterbitkan red notice," ujar Koordinator MAKI Boyamin kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

(Baca:KPK Periksa Kerabat Harun Masiku)

Menurut Boyamin, red noticeperlu diterbitkankarena Harun Masiku bersembunyi di luar negeri. Boyamin sendiri mengaku juga melacak keberadaannya.

"Saya juga mencoba melakukan pelacakan di dua negara yang artinya luar negeri karena ada beberapa informasi. Ini prinsipnya dalam rangka memberikan kepastian keberadaan Harun Masiku baik hidup atau sudah meninggal," katanya.

Boyamin mengapresiasi rencana KPK membentuk satgas khusus untuk mencari para buronan, termasuk di dalamnya Harun Masiku.

"Dengan dibentuknya satgas apapun saya memberikan apresiasi, dukungan, dan saya juga berusaha membantu dengan mencoba melacak baik dalam keadaan hidup maupun kalau informasinya meninggal," jelasnya.

(Baca:Kabareskrim Sudah Diperintahkan Setahun Lalu, Harun Masiku Belum Ketemu)

KPK sebelumnya memang menyatakan bakal memaksimalkan pencarian buronan dengan membentuk tim satgas khusus termasuk di dalamnya Harun Masiku. Sebab, saat ini tim yang mencari para buronan KPK masih disibukkan dengan kegiatan penyidikan atau penyelidikan lainnya.

"Kita di pimpinan juga telah menginisiasi dan meminta kepada Pak Deputi (Deputi Penindakan KPK Karyoto) mencoba untuk membuat sebuah satu satgas yang memang fokus melakukan pencarian kepada orang-orang DPO," ujar Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2021).

(Baca:Soal Isu Harun Masiku Meninggal, Kerabat: Moga Tidak Benar!)

Deputi Penindakan Karyoto mengungkapkan susunan dan anggota satgas khusus itu masih dirancang. Nantinya dalam satgas khusus tersebut melibatkan tim monitoring, IT, dan surveillance.

"Tidak bisa hanya penyidiknya sendiri atau penyelidiknya sendiri, tentu harus terintegrasi antara tim supporting, pencari dan pengolah data," kata Karyoto.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)