Syekh Ali Jaber Wafat, Khairan Ingin Tunaikan Titipan sang Guru

Selasa, 19 Januari 2021 - 11:37 WIB
loading...
Syekh Ali Jaber Wafat, Khairan Ingin Tunaikan Titipan sang Guru
AM Khairan (berkaca mata) saat berfoto bersama Syekh Ali Jaber. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wafatnya ulama besar Syekh Ali Jaber menyisakan duka mendalam, tak terkecuali bagi para tokoh, selebritas hingga muridnya. Satu di antaranya adalah AM Khairan, cendekiawan muda yang hidupnya berubah berkat didikan seorang Syekh Ali Jaber.

Meski bukan hafiz Quran, pria jebolan NYFA College of Visual & Performing Arts, Los Angeles, Amerika Serikat itu memiliki hubungan spesial dengan ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi tersebut.

"Saya dulu nakal, enggak layak dekat Syekh Ali , tetapi beliau muliakan saya. Itu yang bikin saya takluk, makanya kalau buat Syekh Ali dan keluarga, apapun insyaAllah saya siap," kata pria kelahiran Cilegon, Banten, 18 April 1996 itu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/1/2021).



Khairan merasa bersyukur kebebasan hidup dan kemilau dunia malam membawanya pada berbagai hikmah. "Alhamdulillah saya punya ibu yang pengertian, bebasin saya dalam belajar, pergi ke banyak negara, saya lewatin segala sisi gelap dan terang, hingga berkat Syekh Ali saya sampai pada keyakinan sebesar apapun nikmat dunia ternyata enggak ada yang lebih nikmat dibanding ketenangan batin dalam Islam," tuturnya.

Sejak remaja tidak jarang dia berhadapan dengan depresi akibat tekanan mental, nasihat Syekh Ali mampu membuatnya menjadi lebih tenang. Selama ini, Khairan enggan bercerita banyak tentang dirinya dengan sang ulama karena ingin menjaga privasi. "Dekat ulama itu indah, saya bersaksi beliau sangat mulia, ilmunya tinggi tapi rendah hati, mereka sekeluarga ahli Qur'an yang bersih hatinya," katanya.

Salah satu momen langka yang mungkin sulit dialami tokoh mana pun di dalam negeri adalah ketika dia dijamu keluarga sang ulama besar di Masjid Nabawi. "Waktu itu pas suasana Lebaran di Madinah, ayahnya pun baik banget nyambut saya. Syekh titip pesan untuk anak muda, tentang jauh lebih mulia ketika muda mulai taat, dibanding ketika tua baru taat," kenangnya.



Khairan juga menceritakan tentang Syekh Ali yang memiliki kedekatan dengan para petinggi negara dan konglomerat tetapi tidak pernah memanfaatkan untuk kemewahan hidup, fokusnya selalu dakwah dan sedekah. "Turning point-nya adalah waktu Syekh Ali curhat ke saya, beliau jual rumah untuk waqaf Al-Quran. Di situ saya malu dan merasa diri ini sampah kalau enggak berani bergerak, banyak di antara kita overthinking soal harta, di saat ada orang mulia sampai menjual harta demi sedekah," katanya.

Hal itu menginspirasi Khairan mendirikan Khair Foundation, gerakan sedekah untuk yatim dan dhuafa di Jakarta. Kala itu, kegiatan tersebut bahkan turut didukung putri Wakil Presiden RI. "2019 lalu, enggak lama setelah pulang dari Amerika saya diajak Syekh Muhammad (adik Syekh Ali) main ke rumah Syekh Ali. Kadang saya mikir makin ke sini kok saya makin dekat sama Syekh Muhammad. Ternyata, Syekh Ali mau meninggalkan kita semua," ucap Khairan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)