Terjunkan Tim ke Daerah Bencana, Kemendagri Minta Jajarannya Permudah Pergantian Dokumen Warga

Senin, 18 Januari 2021 - 17:06 WIB
loading...
Terjunkan Tim ke Daerah Bencana, Kemendagri Minta Jajarannya Permudah Pergantian Dokumen Warga
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh meminta agar jajaran proaktif memberi layanan penggantian dokumen kependudukan bagi warga terdampak bencana alam. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil ) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh meminta agar jajaran proaktif memberi layanan penggantian dokumen kependudukan bagi warga terdampak bencana alam . Khususnya warga korban Banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan korban gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

“Terkait bencana di berbagai daerah, tolong kita proaktif terutama di Kalsel dan Sulbar untuk segera koordinasi. Perlu dilakukan layanan penggantian dokumen yang rusak. Penggantian harus dilakukan dengan cepat dan mudah,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/1/2021).

Dia mengatakan bahwa pihaknya telah memberangkatkan tim untuk melakukan pelayanan tersebut. Dimana untuk tim ke Sulbar sudah berangkat pagi tadi. Sementara untuk yang ke Kalsel akan diberangkatkan besok pagi.

Zudan meminta tim untuk segera berkoordinasi terkait apa saja yang dibutuhkan oleh Disdukcapil. “Tolong teman-teman koordinasi dengan Dinas Dukcapil setempat. Biasanya mereka butuh alat, ribbon, blanko, karena biasanya, bila ada bencana alat-alat itu terganggu atau sedang dalam kondisi basah, atau rusak,” jelasnya.

Dia menyebut bahwa penerjunan tim ke daerah ini untuk menolong Disdukcapil yang saat ini juga terdampak bencana. Apalagi ada juga yang harus mengungsi.

“Pasalnya teman-teman di sana berada dalam kondisi terdampak bencana. Ada yang berada dalam pengungsian karena terkena banjir atau gempa. Maka, kita sebagai pimpinan, turun memberikan bantuan,” paparnya.

Lebih lanjut dia meminta jajarannya yang turun ke lapangan menyiapkan perbekalan selama pelayanan secara mandiri.

“Maka koper dan ransel disiapkan dengan baik. Bawa baju tidur, makanan obat-obatan, dan sebagainya. Pengalaman kita turun di beberapa daerah-daerah bencana sebelumnya, kita selalu mandiri bawa makanan yang tahan lama dan baju hangat karena tempat tidur kita bisa seadanya belum tentu sesuai harapan,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)