Fraksi PKS Mengamanatkan Anggotanya di Komisi III Jaga Komjen Listyo Sigit

loading...
Fraksi PKS Mengamanatkan Anggotanya di Komisi III Jaga Komjen Listyo Sigit
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Dimyati Natakusumah menyambut baik penunjukan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri tunggal. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS , Dimyati Natakusumah menyambut baik penunjukan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri tunggal pengganti Jenderal Pol Idham Azis. Menurutnya, kriteria ideal calon Kapolri ada dalam diri Listyo Sigit.

“Jadi begini, Listyo Sigit itu dari rekam jejaknya bagus dan beliau memang dipercaya Pak Jokowi, tidak kelompok A atau kelompok B menjadi pemersatu di Bhayangkara. Beliau pernah jadi Kadiv Propam, Kadiv Propam itu tau rekam jejak semua polisi se-Indonesia, itu kan ibaratnya jadi sapu, sapu pembersih untuk kepolisian supaya polisi itu harkat, derajat dan martabatnya bagus,” ujar Dimyati saat dihubungi MNC Portal, Jumat (15/1/2021). Baca juga: Trio PAN-PKS-Demokrat Loyo, Listyo Sigit Diprediksi Lolos Mulus di DPR

“Beliau tahu polisi mana yang track record-nya baik, buruk, sedang, berprestasi dan nakal itu tahu,” sambungnya.

Soal usia dan angkatan Listyo yang dipermasalahkan, menurut Dimyati, justru dengan semakin muda malah semakin baik bagi institusi Polri. Karena usia yang lebih muda, semangatnya lebih bagus, energinya masih bagus, masa baktinya bisa lebih lama dan bisa menjalankan reformasi di Korps Bhayangkara ini.



Baca Juga: Kapolri Idham Azis Minta Jajarannya Solid Dukung Listyo Sigit Prabowo
“Kan Pak Idham juga bagus tapi sebentar sayangnya. Jadi kalau orang masih jauh ya masih semangat, masih punya terobosan-terobosan, dia juga mereformasi merefleksasi polisi, karena berpikir saya masih panjang. Kalau mau pensiun dia pasti berpikir aman. Tapi kalau Pak Idham nggak, dia malah lebih berani,” terang Dimyati.

Adapun kecacatan Listyo, mantan Sekretaris Jenderal PPP ini mengibaratkan Listyo sebagai kertas putih, polisi yang PDLT-nya (prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela) bagus dan tidak ada catatan buruk. Kalau dilihat rekam jejak, biasanya ada yang pernah kena indisipliner, kena sanksi, tersangkut masalah dan lainnya, dan ia pernah melihat sebagian polisi-polisi yang ada tersangkut hal itu.

“Beliau coba lihat dari body language-nya, kan manis, polisi yang diperlukan saat ini menurut saya. Sehingga Pak Jokowi memilih orang yang betul-betul mengetahui kelebihan dan kekurangannya,” ungkapnya.



“Nah kalau Pak Sigit ini, Pak Jokowi pernah bersama-sama, memilih orang yang dipercaya, yang tahu kekurangannya, kelebihannya, prestasinya, dedikasinya, loyalitasnya. Apalagi saya kenal baik dengan Pak Sigit ini. Jadi saya lihat beliau pilihan yang tepat. Memang dari awal saya berharap ya Pak Sigit ini di antara calon lainnya,” imbuh Dimyati.

Baca Juga: Lukisan Gua Berusia 45 Ribu Tahun Ditemukan di Indonesia

Terkait sikap Fraksi PKS, mantan Bupati Pandeglang ini mengaku bahwa Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini telah mengamatkan kepada dirinya untuk menjaga Listyo Sigit sebagai calon Kapolri. Jadi, dia yakin bahwa Fraksi PKS akan menyambut baik Listyo Sigit.

Hanya saja, dia menambahkan, tergantung bagaimana silaturahmi yang akan dibangun oleh Listyo dengan para ketua umum partai, termasuk Presiden PKS nantinya. Baca juga: Lewat Twitter, Novel Baswedan Ungkap Harapannya ke Komjen Listyo Sigit

“Ya Ketua Fraksi saya jelas mengamanatkan untuk menjaga. Welcome lah, insya Allah welcome lah. Tapi kan nanti ada silaturahim kan, biasanya dibangun silaturahmi calon Kapolri dengan partai, ketum partai, dibangun itu. Tapi intinya saya menilai ini pilihan yang baik, menghormati pilihan Pak Presiden, mengapresiasi. Kalau menurut saya ini pilihan Pak Presiden berani, waktu Pak Tito pun sama,” pungkasnya.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top